Prabowo-Gibran Deklarasi Kemenangan, Begini Komentar Sri Sultan HB X
Gubernur DIY Sri Sultan HB X. [Kontributor/Putu Ayu Palupi]
16:48
15 Februari 2024

Prabowo-Gibran Deklarasi Kemenangan, Begini Komentar Sri Sultan HB X

Meski KPU belum memutuskan hasil pemilu, paslon Prabowo-Gibran sudah mendeklarasikan kemenangannya. Berdasarkan hasil quick count atau hitung cepat, pasangan nomor urut 2 itu unggul jauh dari paslon lain dalam perolehan suara yang mencapai 50 persen lebih.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X pun memberikan tanggapannya. Ditemui di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (15/02/2024), Sultan mengungkapkan para capres masih perlu menunggu hasil perhitungan suara dari KPU.

"Tapi kan masih perlu menunggu [perhitungan kpu]," ujarnya.

Namun bila Prabowo-Gibran sudah meyakini kemenangan dalam pilpres kali ini, Sri Sultan HB X tidak mempermasalahkannya.

Yang terpenting siapapun yang terpilih jadi presiden dan wakil presiden harus mampu membangun dialog.

Sri Sultan HB X pun mendukung ada pertemuan antara pasangan yang terpilih dengan dua pasangan lainnya. Hal itu penting untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Mereka [para capres] kan bisa membangun dialog itu. Sesama saudara satu bangsa kok masa enggak bisa [konsolidasi] ya harus bisa, itu saja yang penting. Sudah selesai [pemilu]," tandasnya.

Sultan juga berharap tidak ada masyarakat yang terkotak-kotak setelah Pemilu usai. Sebab perbedaan pilihan sudah tidak lagi berlaku saat presiden nantinya terpilih

"Bagaimana kita bisa membangun satu sikap lagi bersama tidak terkotak-kotak karena rakyatnya sudah menentukan pilihannya," ungkapnya.

Namun kembali Sultan mengingatkan agar masyarakat tetap menunggu hasil rekapitulasi resmi dari KPU RI. Dengan demikian legalitas kepemimpinan presiden dan wakil presiden bisa dipastikan.

"Tapi perlu menunggu ya, kalau itu dianggap benar [phitung cepat] ya monggo saja," paparnya.

Sebelumnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul dalam raihan suara Pemilihan Presiden 2024. Selain quick count, hasil sementara rekapitulasi suara (real count) Pilpres 2024 yang dilakukan KPU hingga Kamis (15/2) pukul 04.00 WIB pun menyatakan pasangan Prabowo-Gibran Raka unggul atas Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

Prabowo-Gibran meraih 55 persen lebih suara. Sedangkan Anies-Muhaimin sekitar 24 persen dan Ganjar-Mahfud sekitar 19 persen suara.

Kontributor : Putu Ayu Palupi

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #prabowo #gibran #deklarasi #kemenangan #begini #komentar #sultan

KOMENTAR