PDIP Akui Budi Gunawan Dekat dengan Megawati, Tapi Bukan Kader 
Budi Gunawan berjabat tangan dengan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (9/9/2016). 
21:17
18 Oktober 2024

PDIP Akui Budi Gunawan Dekat dengan Megawati, Tapi Bukan Kader 

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto menegaskan, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan (BG) bukanlah kader partai moncong putih.

Hal ini merespons munculnya Budi Gunawan dalam acara pembekalan calon anggota kabinet Prabowo di Hambalang Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10/2024).

Hasto mengakui lulusan Akademi Kepolisian tahun 1983 itu memiliki kedekatan dengan Megawati.

Sebab, Budi Gunawan pernah menjadi ajudan Megawati Soekarnoputri semasa menjadi wakil presiden hingga presiden.

"Tidak dipungkiri bahwa Pak Budi Gunawan juga pernah menjadi ajudan dari Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto, saat ditemui di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Jumat (18/10/2024).

Namun, dosen Universitas Pertahanan (Unhan) ini menegaskan bahwa Budi Gunawan bukanlah kader PDIP.

"Tetapi beliau bukan anggota PDIP, sehingga sikap selama ini tugas kepala BIN juga dijalankan dengan baik sebagai mata telinga presiden," ujar Hasto.


Dia mencotohkan ketika pada Pemilu 2019 saat Budi Gunawan menjadi Kepala BIN, suara PDIP hanya mengalami kenaikan 1,3 persen.

"Artinya kami diujarkan sesuai dengan teori yang kami kaji tadi untuk tidak melakukan abuse of power, tidak menyalahgunakan kekuasaan. Sehingga hadirnya Pak BG karena memang hubungan yang sangat baik dengan Pak Prabowo," tutur Hasto.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #pdip #akui #budi #gunawan #dekat #dengan #megawati #tapi #bukan #kader

KOMENTAR