VIDEO Hari Kerja Terakhir: Momen Retno Perpisahan di Kemenlu & Gus Yaqut Angkut Barang dari Kemenag
19:37
18 Oktober 2024

VIDEO Hari Kerja Terakhir: Momen Retno Perpisahan di Kemenlu & Gus Yaqut Angkut Barang dari Kemenag

Hari Jumat (18/10/2024) merupakan hari kerja terakhir bagi para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabinet Indonesia Maju. 

Pemerintahan Presiden Jokowi akan berakhir pada 20 Oktober seiring dengan akan dilantiknya presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. 

Presiden Jokowi menggelar makan siang bersama Wakil Presiden dan seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju di Istana Jakarta pada Jumat, (18/10/2024).

Sebelum itu terlihat dua menteri Jokowi, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berpamitan terlebih dulu dengan para jajaran di kementerian masing-masing di hari kerja terakhir pagi tadi.

Hari Kerja Terakhir Retno Marsudi 

Retno Marsudi sudah dua periode menjadi Menlu di era pemerintahan Presiden Ketujuh Jokowi.

Retno Marsudi menjabat sebagai Menlu RI sejak 27 Oktober 2014 pada periode pertama kepemimpinan Presiden Jokowi-Jusuf Kalla.

Pada periode kedua Jokowi bersama Ma'ruf Amin, Retno Marsudi  kembali dipercaya sebagai Menlu hingga akhir kepemimpinan Jokowi.


Namun pada pemerintahan baru Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Retno Marsudi dipastikan tak lagi menduduki kursi Menlu

Hal ini karena Retno Marsudi ditunjuk oleh Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Isu Air.

Retno Marsudi akan efektif menjabat per 1 November 2024.

Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Air ini mengemban tugas dalam upaya memastikan masa depan terkait isu air, dengan mengadvokasi kerja sama politik, ekonomi, dan sosial budaya di semua tingkatan.

Utusan Khusus ini juga berperan meningkatkan kerja sama dan sinergi internasional di antara berbagai isu soal air, dalam mendukung pencapaian semua tujuan dan target.

Selain juga menjadikan masalah air sebagai agenda politik utama baik di dalam maupun di luar PBB, memobilisasi aksi dan sumber pendanaan guna menangani krisis air dunia, dan mendorong pemenuhan target air demi tercapainya perdamaian, pembangunan, dan hak asasi manusia.

Dalam keterangan resmi PBB, keputusan memilih Retno Marsudi lantaran Menlu RI itu punya pengalaman luar biasa dalam diplomasi selama hampir empat dekade, menjadi Menlu RI 2014-2024, ikut mengawasi Forum Air Dunia ke-10 di Bali pada 2024 yang mengarah ke deklarasi menteri dan kesepakatan secara konsensus hasil forum.

Retno Marsudi juga dipandang memperlihatkan dedikasi yang tercermin lewat kepemimpinan Indonesia sebagai anggota tidak permanen Dewan Keamanan PBB (2019-2020), Presidensi G20 pada 2022, Ketua ASEAN pada 2023.

Pada tahun 2021 atau selama pandemi Covid-19, Retno Marsudi juga ditunjuk sebagai Ketua Bersama Kelompok Keterlibatan Komitmen Pasar Lanjutan (AMC) COVAX dalam mendukung partisipasi 92 ekonomi menengah ke bawah dan berpenghasilan rendah, serta memastikan akses vaksin Covid-19 yang adil.

Di hari kerja terakhirnya Retno melakukan acara perpisahan tertutup bersama jajaran pegawai dan staf Kemlu. 

Kemudian Retno Marsudi pergi ke Istana Negara untuk memenuhi undangan makan siang dari Presiden dan Wakil Presiden Jokowi - Maruf.

Menag Gus Yaqut Pamitan 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mendatangi kantor Kementerian Agama (Kemenag) di hari kerja terakhirnya untuk berpamitan dengan para staf dan juga mengecek barang-barang yang ketinggalan.

Gus Yaqut, demikian sapaannya, sudah mengangkut barang-barangnya di ruang kerja di Kemenag sehingga ia ingin memastikan kembali tidak ada barang-barang yang tertinggal.

Kemudian Gus Yaqut berpesan untuk segenap jajaran ASN Kemenag agar bekerja dengan baik melayani masyarakat. 

Menag Yaqut lalu mengungkapkan keyakinannya segenap jajaran ASN Kemenag bisa bekerja dengan baik.

Sebagaimana diketahui di akhir masa jabatannya, Menag Yaqut Cholil Qoumas disorot terkait dengan pelaksanaan ibadah haji tahun 2024.

Bahkan Yaqut seolah menghindar dari dari panggilan pansus angket haji DPR RI.

Sorotan tersebut tidak lepas dari memanasnya hubungan antara PKB dan PBNU.

Perang terbuka PKB dan PBNU ini bermula dari rencana mengembalikan PKB ke pangkuan PBNU.

Kemudian ditambah dengan aksi DPR yang membentuk Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Penyelenggaraan Haji 2024.

Cekcok dimulai saat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memimpin Tim Pengawasan Haji DPR.

Cak Imin mengkritik penyelenggaraan haji 2024, mulai dari lokasi bermalam yang sempit hingga keterlambatan pelayanan transportasi.

Dia membentuk Panitia Khusus Haji di DPR untuk memeriksa pekerjaan Kementerian Agama.

Sementara itu terkait dengan menteri-menteri yang akan mengisi kursi di pemerintahan Prabowo rencanananya baru akan diumumkan usai pelantikan prabowo pada 20 Oktober 2024.

Terakhir, ada sekitar 107 tokoh calon menteri, calon wakil menteri dan kepala lembaga yang telah dipanggil Prabowo untuk pembekalan.(*)

 

Editor: Srihandriatmo Malau

Tag:  #video #hari #kerja #terakhir #momen #retno #perpisahan #kemenlu #yaqut #angkut #barang #dari #kemenag

KOMENTAR