Mahfud MD Pastikan Bakal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Ganjar Masih Rencana
Mantan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, saat ditemui di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Jumat (18/10/2024). 
19:12
18 Oktober 2024

Mahfud MD Pastikan Bakal Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Ganjar Masih Rencana

- Mantan calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berencana akan menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024).

Namun, hal tersebut tergantung dari instruksi partainya, PDIP.

"Rencana datang, kecuali nanti ada perintah dari partai (PDIP)," kata Ganjar, saat ditemui di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Jumat (18/10/2024).

Namun, Ganjar menegaskan bahwa dirinya tidak akan datang jika berhalangan. Sebab, saat ini dirinya sedang fokus menenangkan Pilkada.

"Karena sekarang kami lagi standby semua untuk Pilkada ya, karena kami menyiapkan," ujarnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini mengaku sudah menerima undangan dari MPR RI.

Berbeda dengan Ganjar, mantan calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD memastikan akan menghadiri acara pelantikan itu.


"Oh datang, datang itu acara ketatanegaraan penting," ujar Mahfud, di lokasi yang sama.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ini mengaku sudah menerima undangan.

"Sudah, sudah dapat undangan," ungkap Mahfud.

Anies Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran

Terpisah, eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan bakal menghadiri prosesi pelantikan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden. 

Menurut Anies, adab dalam bernegara harus dijaga. Maka dari itu ia akan hadir dalam pelantikan Prabowo-Gibran. 

Pelantikan ini disebut Anies masih merupakan proses bernegara dan dirinya merupakan bagian dari proses tersebut saat jadi peserta Pilpres 2024 bersama pasangannya kala itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

“Karena menurut saya, ini adalah sebuah proses bernegara dan saya sebagai orang yang dapat kehormatan mengikuti proses ini, saya harus menunjukkan kepada semua bahwa proses bernegara itu harus dihargai, dihormati dan ini bagian dari catatan sejarah kita,” kata Anies di kawasan Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024). 

Menilik beberapa waktu ke belakang, Anies juga turut hadir saat diundang oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) ketika hendak menetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih. 

Langkah itu, tegas Anies, merupakan salah satu caranya untuk menjaga adab dalam proses kehidupan bernegara. 

“Menurut saya dalam kehidupan bernegara itu proses tatanan ini harus dijaga adabnya. Jadi ketika teman-teman tanya MPR, datang atau tidak?, yang di KPU saja saya datang kok,” ujarnya.

“Apalagi dalam proses kenegaraan (pelantikan presiden), insyaAllah saya hadir,” sambungnya.

Anies sendiri menyebut dirinya telah menerima undangan dari MPR untuk dapat hadir dalam proses pelantikan Minggu mendatang. 

“Pak Ketua MPR, bapak Muzani, menghubungi saya menyampaikan undangan sekaligus juga undangan fisiknya juga diantarkan ke rumah,” katanya.

Begitu pun Cak Imin, ia memastikan akan menghadiri undangan pelantikan Prabowo-Gibran.

"Pasti datang (pelantikan)," kata Cak Imin di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #mahfud #pastikan #bakal #hadiri #pelantikan #prabowo #gibran #ganjar #masih #rencana

KOMENTAR