Moeldoko: Peningkatan SDM dari Berbagai Sektor Dibutuhkan untuk Membangun IKN
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. 
14:42
18 Oktober 2024

Moeldoko: Peningkatan SDM dari Berbagai Sektor Dibutuhkan untuk Membangun IKN

- Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, mengatakan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) lokal dari berbagai sektor sangat dibutuhkan untuk membangun Ibu Kota Nusantara (IKN),

“Misalnya perlu juga regenerasi petani, ini merupakan isu global yang mesti diatasi mulai dari sekarang,” kata Moeldoko dalam keterangannya, pada Jumat (18/10/2024).

Untuk mendukung pembangunan IKN, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) membentuk Gerbangtara atau Gerakan Bangun Nusantara.

Gerbangtara, merupakan bentuk kolaborasi multipihak dari unsur swasta dan organisasi masyarakat sipil yang didukung Otorita IKN, Kantor Staf Presiden (KSP), Kemenpora, Kominfo hingga Kementerian Investasi.

Gerbangtara membangun konsorsium pentahelix dalam mebangun SDM di sekitar Nusantara.

Dalam konsep tersebut, terdapat kolaborasi antar lima unsur subjek yaitu akademisi, pebisnis, komunitas, pemerintah dan media.

Kordinator Tim Strategi dan Komunikasi Kebijakan Menpora RI, Wildanshah, mengatakan Gerbangtara bisa menjadi ruang kolaborasi multipihak yang selaras dengan   Peraturan Presiden (PERPRES) Nomor 43 Tahun 2022 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

“IKN adalah ibu kota baru, kita butuh memperkuat generasi baru, Gerbangtara saya harap bisa menjadi Hub multistakeholder dalam membangun SDM di wilayah Kalimatan Timur," kata dia.


Dia memastikan sinkronisasi dan harmonisasi program dan kegiatan kepemudaan sebagaimana amanat Perpres Koordinasi Strategis Lintaw Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan.

Gerbangtara dan Bank Kaltimtara bersinergi dalam mendukung inisiatif pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), terutama dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) lokal di sekitar IKN.

Kolaborasi strategis ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang lebih besar dalam memperkuat partisipasi warga agar siap membangun ibu kota baru.

Tim Ahli Bidang Sosial dan Politik Gerbangtara, Christian Frisky menyambut antusias kolaborasi strategis ini.

Dia mengatakan, pihaknya hadir untuk memobilisasi dan mengorkestrasi potensi talenta muda di kawasan IKN.

“Semakin menambah semangat pergerakan gerbangtara untuk menggandeng pihak-pihak terkait dalam mewujudkan IKN sebagai kota masa depan,” tegasnya.

Sementara itu, Direktur Bisnis dan Syariah PT BPD Kaltim Kaltara, Muhammad Edwin menjelaskan besarnya potensi sinergi dengan Gerbangtara, KSP maupun lembaga pemerintah lainnya dalam membangun IKN.

Dia menambahkan, pihaknya berkomitmen meningkatkan kapasitas SDM agar dapat berperan aktif dalam memberikan pembiayaan proyek-proyek strategis di IKN.

“Kami siap berkolaborasi dalam berbagai program dan kegiatan untuk mempercepat pembangunan IKN demi masa depan yang lebih baik,” ungkap Edwin.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #moeldoko #peningkatan #dari #berbagai #sektor #dibutuhkan #untuk #membangun

KOMENTAR