Anies Sindir Cak Imin yang Gabung Kabinet Prabowo: Yang Tidak Menang Berada di Luar Pemerintahan
Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024). 
20:28
17 Oktober 2024

Anies Sindir Cak Imin yang Gabung Kabinet Prabowo: Yang Tidak Menang Berada di Luar Pemerintahan

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghormati langkah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang masuk dalam jajaran kabinet menteri presiden terpilih Prabowo Subianto. 

“Kita hormati saja semuanya,” kata Anies di kawasan Kampus Universitas Indonesia (UI) Salemba, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2024). 

Lebih lanjut, Anies menegaskan terkait prinsip yang ia pegang dalam proses berkontestasi pada Pemilu 2024 lalu di mana dirinya bersama Cak Imin sempat berduet.

Menurutnya, jika memang kalah dalam kontestasi, sudah seharusnya ia berdiri di luar dari kelompok yang menjuarai perlombaan. Sebaliknya, kelompok yang kalah, tidak ikut jadi bagian dari para pemenang. 

“Bagi saya, apabila mengikuti kontestasi dan kemudian ada yang oleh konstitusi ditetapkan sebagai pemenang dan ada yang oleh konstitusi ditetapkan sebagai bukan pemenang maka yang tetapkan pemenang berada dalam pemerintahan,” ujarnya. 

“Yang tidak ditetapkan sebagai pemenang berada di luar dan itu prinsip yang saya sering katakan,” sambungnya. 

Prinsip itu tengah ia lakukan sekarang. Namun begitu, meski ada keputusan yang berbeda-beda dari pihak lain, ia tetap hormati. 

“Jadi saya laksanakan juga sekarang. Dan bagi yang lain yang mengambil keputusan, kita hormati aja keputusannya,” pungkas Anies. 

Diketahui, sejumlah pihak dipanggil Prabowo ke kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. 

Mereka digadang-gadang bakal menempati kursi menteri dan calon menteri di pemerintahan mendatang.

Pemanggilan ini tidak hanya mencakup tokoh-tokoh politik, tetapi juga kalangan profesional, akademisi, dan praktisi dari sektor swasta yang dinilai memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #anies #sindir #imin #yang #gabung #kabinet #prabowo #yang #tidak #menang #berada #luar #pemerintahan

KOMENTAR