Sosok Connie Bakrie, Pengamat Militer Jadi Trending Topic usai Kembali 'Senggol' Prabowo
Connie Rahakundini Bakrie. [Dok. Pribadi]
10:32
12 Februari 2024

Sosok Connie Bakrie, Pengamat Militer Jadi Trending Topic usai Kembali 'Senggol' Prabowo

Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie menjadi trending topic di media sosial X lantaran pernyataannya terkait capres Prabowo Subianto yang hanya akan bertahan menjadi presiden selama dua tahun. Setelah itu, disebut Connie, Prabowo akan digantikan cawapres Gibran Rakabuming Raka.

Tak hanya itu, Connie Bakrie juga pernah mengkritik anggaran Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo sebesar Rp1.760 triliun untuk membeli alutsista.

Lantas siapakah Connie Bakrie, berikut profilnya.

Profil Connie Bakrie
Connie Rahakundini Bakrie lahir Bandung pada 3 November 1964 dari rahim seorang ibu bernama Nyi Raden Sekarningsih Ardiwinata, dan sang ayah Dr Bakrie Arbie.

Connie Bakrie merupakan akademisi, pengamat dalam bidang keamanan dan militer. Ia berdarah campuran Gorontalo dan Tasikmalaya.

Connie menempuh pendidikan strata pertamanya di Universitas Birmingham, Inggris dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Boston, Amerika Serikat. Kemudian, ia menempuh pendidikan S3 di Universitas Indonesia.

Tak hanya itu, Connie juga menempuh pendidikan diantaranya APCSS Asia Pasifik Centre for Security Studies, Hawaii- Fu Xi Kang war Academy, ROC-Chevening Executive Programme for Democracy and Security di Universitas Birmingham, Inggris.

Ia juga pernah diberi kesempatan menjadi peneliti senior NSS Institute of National Security Studies Tel Aviv, Israel. 

Pemikiran dan Pandangan Connie kerap dijadikan acuan pengambil kebijakan di lingkungan DPR Komisi 1 dan DPRD, Kemenkopolhukam, Kemhan, Kemlu, Wantanas, Lemhanas, Wantimpres dan Badan Intelijen Negara(BIN).

Selain itu, Connie sering jadi pembicara pada beberapa pertemuan Internasional seperti pada National Defense University (NDU), Washington D.C. Ia juga pernah tampil dalam acara The Delhi Dialogue Meetings, International Slocs Meetings, Milsatcom International Meetings di Inggris.

Dalam berkarir, Connie sempat menjadi salah satu dari 22 orang Future Leaders yang terpilih oleh Massachusetts Institute of Technology Batch 3.

Bersama-sama Duta Besar Hasyim Djalal dan Laksamana Kent Sondakh, ia sempat dipercaya sebagai Board of Trustee dan Presiden di Indonesia Institute For Maritime Studies (IIMS) sekaligus menjadi Dewan Pembina di National Air Space and Power Centre of Indonesia (NAPSCI).

Kariernya semakin cemerlang saat Connie ditunjuk sebagai Dewan Pengawas Industri Pertahanan Swasta Nasional. Selain aktif di bidang pertahanan, Connie ternyata juga merupakan seorang penulis buku berjudul “Aku adalah Peluru”.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #sosok #connie #bakrie #pengamat #militer #jadi #trending #topic #usai #kembali #senggol #prabowo

KOMENTAR