Kapal Tenggelam di Perairan Karimunjawa, Sebelas ABK Selamat Tiga Hilang
Personel TNI AL dari Lanal Banjarmasin bersama Tim SAR Gabungan mengevakuasi belasan ABK KM. Sabar Subur yang tenggelam di Perairan Karimunjawa. (Dispenal)
07:24
15 Oktober 2024

Kapal Tenggelam di Perairan Karimunjawa, Sebelas ABK Selamat Tiga Hilang

- KM. Sabar Subur mengalami insiden di Perairan Karimunjawa pada Minggu (13/10). Kapal tersebut tenggelam dan mengakibatkan 14 orang anak buah kapal (ABK) menjadi korban. Berdasar keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com pada Senin malam (14/10), sebelas ABK sudah berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Sedangkan tiga ABK lainnya hilang. 

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), insiden tersebut diketahui dari informasi KM. Setya Kencana III. Kapal yang tengah berlayar dari Semarang menuju Banjarmasin itu menyelamatkan beberapa ABK KM. Sabar Subur. Mereka mengabarkan bahwa kapal tersebut bocor dan tenggelam di Perairan Karimunjawa. 

Atas informasi tersebut, Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Didik Kusyanto langsung mengerahkan tim untuk melakukan evakuasi. Doa mengirim Speed Boat Patroli dari Pos TNI AL Trisakti untuk membantu evakuasi para ABK KM. Sabar Subur. Dalam operasi tersebut, mereka turut dibantu oleh Polda Kalimantan Selatan, Basarnas, KSOP, dan instansi terkait lainnya. 

”Dari peristiwa tersebut sebanyak sebelas orang ABK berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat dan untuk tiga ABK lainnya masih dalam proses pencarian dan belum ditemukan. Sedangkan kapal dan muatannya tenggelam serta belum diketahui total kerugiannya,” terang Dispenal kepada awak media di Jakarta.

KM. Setya Kencana III yang membantu evakuasi para ABK KM. Sabar Subur tiba di Pelabuhan Trisakti Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Minggu (13/10) sekitar pukul. 19.55 WITA. Personel TNI AL dari Lanal Banjarmasin bersama Tim SAR Gabungan langsung mendata dan memeriksa kondisi kesehatan para ABK KM. Sabar Subur yang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

”Selanjutnya para ABK KM. Sabar Subur dievakuasi menuju Dinas Sosial Kalimantan Selatan,” tulis Dispenal. 

Terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan saat menerima informasi yang disampaikan oleh masyarakat. ”Serta secara sigap memberikan pertolongan dengan cepat terhadap permasalahan masyarakat yang ada terutama yang terjadi di perairan nusantara,” pesannya.

Editor: Kuswandi

Tag:  #kapal #tenggelam #perairan #karimunjawa #sebelas #selamat #tiga #hilang

KOMENTAR