Serangan Siber di Indonesia Sepanjang 2023 Makin Parah, Sehari sampai 3 Juta Kasus
Ilustrasi: Cyber attack.
14:48
7 Februari 2024

Serangan Siber di Indonesia Sepanjang 2023 Makin Parah, Sehari sampai 3 Juta Kasus

– Lembaga AwanPintar.id kembali melansir data serangan siber di Indonesia. Kali ini data yang dipaparkan adalah periode semester II (Juli–Desember) 2023. Hasil pemantauannya, serangan siber pada periode kedua 2023 semakin menjadi-jadi.

Pendiri AwanPintar.id Yudhi Kukuh mengatakan, serangan siber itu tidak hanya berasal dari luar negeri. Ada juga yang berasal dari dalam negeri. Namun, serangan siber dari dalam negeri adakalanya dilakukan peretas dari luar negeri. ”Mereka hanya memanfaatkan IP address di Indonesia,” ujarnya di Jakarta kemarin (6/2).

Kukuh menempatkan sejumlah perangkat atau sistem kolektor dengan IP publik. Dengan perangkat itu sistem bisa mendeteksi serangan secara real time. Berdasar hasil rekapitulasi selama semester II 2023, total serangan siber mencapai 685 juta kasus lebih. Serangan terbanyak ada di bulan September, yaitu 275 jutaan kasus. Jika dibuat rata-rata, terjadi 3,727 juta serangan per hari.

Kukuh juga menjelaskan, terjadi tren baru dalam serangan siber itu. Dia mengungkapkan, pada periode sebelumnya, serangan yang dilancarkan cenderung untuk mengetahui lubang-lubang kebocoran sistem IT. ”Sedangkan sekarang trennya sudah berupaya masuk ke sistem IT,” katanya.

Namun, terang Kukuh, sistem mereka tidak bisa mendeteksi seberapa besar kesuksesan dari upaya serangan siber itu untuk masuk ke sebuah sistem IT. ”Umumnya hanya 20 persen (yang berhasil membobol sistem, Red),” imbuhnya. (wan/c9/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #serangan #siber #indonesia #sepanjang #2023 #makin #parah #sehari #sampai #juta #kasus

KOMENTAR