Bedah Ide Anies Baswedan Soal Pertahanan, CSI: Kreatif tapi...
Capres nomor urut satu, Anies Baswedan memberikan pemaparan saat Debat Capres Ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
14:36
10 Januari 2024

Bedah Ide Anies Baswedan Soal Pertahanan, CSI: Kreatif tapi...

Ketua Departemen Hubungan Internasional Centre For Strategic and International Studies (CSIS) Indonesia Lina Alexandra membedah soal ide Anies Baswedan terkait pertahanan dan promosi budaya dalam Debat Capres Minggu (7/1/24).

Lina mengatakan Anies banyak memaparkan langkah strategisnya soal promosi budaya Indonesia ke ranah global dan dinilainya lebih unggul.

“Promosi budaya nusantara, tepat yang menjawab Paslon Anies, beliau di atas angin karena memang ini jadi fokus kebijakan luar negerinya soal soft power peran diaspora misi kebudayaan dsb,” jelas Lina dilihat di kanal Youtube CSIS Indonesia.

Ia menganggap Anies  memiliki ide kreatif terkait topik tersebut namun perlu dievaluasi aspek realistisnya.

“Idenya banyak ada rumah kebudayaan, bikin restoran cafe Indonesia di berbagai kota dunia, secara ide cukup bagus dan kreatif tetapi apa itu realistis?,” jelasnya.

Kemudian soal pelibatan swasta menurutnya sering kali negara justru tak maksimal dalam mengangkat masalah ini.

“Beliau menyebutkan pelibatan swasta, bagaimana sebetulnya negara bisa melibatkan swasta dengan sungguh-sungguh karena sering kali yang terjadi ketika negara terlibat malah mematikan inisiatif dari bawah,” ungkapnya.

Selain itu, Anies menginginkan pelibatan delegasi kebudayaan dalam kunjungan keluar negeri bila terpilih jadi presiden.

"Sebagai panglima diplomasi maka setiap kegiatan di luar negeri bersama dengan delegasi kebudayaan, delegasi seni. Datang ke pusat-pusat kegiatan kebudayaan kesenian di negara yang dikunjungi bukan hanya datang, rapat lalu pulang," kata Anies di acara debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).

"Karena setiap presiden datang dia membawa delegasi kebudayaan ditunjukkan di sana, maka dunia menyaksikan. Ingat, setiap presiden datang ke sebuah negara, seluruh media di negara itu memperhatikan, itu kesempatan luar besar biasa untuk mempromosikan Indonesia," tambahnya.

Editor: Eliza Gusmeri

Tag:  #bedah #anies #baswedan #soal #pertahanan #kreatif #tapi

KOMENTAR