Cair! Cek Saldo PIP Kemdikbud Anda Sekarang, Begini Caranya
Ilustrasi cara cek saldo PIP Kemdikbud (Freepik)
10:40
9 Oktober 2024

Cair! Cek Saldo PIP Kemdikbud Anda Sekarang, Begini Caranya

Pencairan saldo PIP kembali dibuka untuk para siswa yang membutuhkan dan memenuhi syarat. Lantas bagaimana cara cek saldo PIP Kemdikbud? Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini penjelasannya.

Diketahui bahwa PIP (Program Indonesia Pintar) merupakan program pemerintah RI guna meningkatkan akses pendidikan untuk anak-anak kurang mampu dari segi ekonomi. Program ini memberikan bantuan uang tunai untuk biaya pendidikan.

Adapun program ini ditujukan untuk siswa baik ditingkat SD, SMP, dan SMA/SMK yang berasal dari keluarga miskin, keluarga yang kesulitan ekonomi, dan anak yatim. Untuk mendapatkan bantuan PIP, nama siswa harus terdaftar di Dinas Pendidikan Setempat.

Lantas bagaimana bagaimana cara daftar dan cara cek saldo PIP Kemendikbud? Nah untuk lebih jelasnya, simak berikut ini langkah-langkahnya yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Fakta Anita Jacoba Gah yang Gebrak Meja Saat Raker dengan Kemendikbud Ristek, Dua Kali Marahi Nadiem Makarim

Cara Daftar PIP Kemendikbud

Sebelum mengecek saldo PIP, pastikan nama siswa sudah terdaftar dalam data Kemendikbud. Untuk mendaftar bisa melalui sekolah siswa masing-masing. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, sekolah mengajukan data siswa ke Dinas Pendidikan setempat.
  2. Lalu, Sekolah akan melakukan verifikasi data siswa untuk memastikan apakah layak atau tidak menerima bantuan PIP
  3. Kemudian, data siswa yang sudah melalui proses verifikasi dikirimkan ke Dinas Pendidikan
  4. Menunggu pengumuman daftar siswa penerima PIP dari Dinas Pendidikan
  5. Jika namany terdaftar sebagai penerima PIP,  dana PIP bisa dicairkan sesuai jadwal yang ditentukan.

Cara Cek Saldo PIP Kemendikbud

Setelah data siswa terdaftar dalam data Kemendikbud, maka dana saldo PIP akan cair sesuai jadwal yang ditentukan. Untuk mengetahui apakah saldo PIP sudah cair atau belum, maka bisa mengeceknya melalui situs resmi PIP Kemendikbud. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Buka situs resmi PIP Kemendikbud di pip.kemdikbud.go.id.
  2. Lalu login dengan masukan NISN dan NIK siswa pada kolom pencarian data penerima PIP.
  3. Kemudian masukan captcha
  4. Selanjutnya, klik "Cari Penerima PIP"
  5. Setelah itu, akan muncul informasi terkini terkait status pencairan dana PIP.

Selain melalui situs resmi PIP Kemendikbud, cek saldo PIP juga bisa melalui ATM dan M-Banking. Untuk cara ini, maka bisa langsung datang ke ATM atau buka aplikasi M-Banking, setelah itu cek saldo ATM dan cek mutasi apakah ada dana masuk dari PIP Kemendikbud atau tidak

Baca Juga: DPR Minta Nadiem Segera Revisi Aturan soal Kenaikan UKT

Sebagai informasi tambahan, untuk sekolah yang akan mendaftarkan siswa dalam program bantuan PIP ini  harus melampiran berberapa syarat dokumen seperti fotokopi KK (Kartu Keluarga), KTP orang tua/wali, dan KIP siswa.

Untuk nominal bantuan PIP ini beragam tergantung tingkatan pendidikannya. Untuk tingkat SD Rp450.000, SMP Rp750.000, dan SMA/SMK Rp1.800.000. Bantuan PIP ini dicairkan setiap satu tahun sekali.

Demikian ulasan mengenai cara cek saldo PIP Kemdikbud lengkap dengan cara daftar, berkas persyaratannya, jadwal pencairan dan besaran nominal bantuannya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #cair #saldo #kemdikbud #anda #sekarang #begini #caranya

KOMENTAR