Fokus Pembukaan Border untuk 5 Tahun Kedepan
Sekretaris Utama (Sestama) BP2MI Rinardi. (Istimewa)
23:24
30 Januari 2024

Fokus Pembukaan Border untuk 5 Tahun Kedepan

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mulai menyusun Rencana Strategis (Renstra) untuk 5 tahun ke depan. Dalam 5 tahun kedepan, BP2MI akan fokus ke border atau kemudahan impor barang kiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Sekretaris Utama (Sestama) BP2MI Rinardi dalam keterangannya mengatakan, sejak pandemi Covid-19, negara-negara penempatan menutup border-nya dan baru tahun lalu kembali dibuka. 

"Jadi ini PR kita masih banyak. Pertama, kita memastikan negara-negara penempatan membuka kembali border-nya untuk bisa kirimkan tenaga-tenaga kerja kita tapi di sisi lain kita juga memastikan bahwa pekerja yang kita kirim itu memiliki skill. Kalau bisa medium skill atau high skill," kata Rinardi, Selasa (30/1).

Rinardi menyebut, saat ini pemerintah tengah gencar menjajaki peluang kerja sama melalui skema G to G (Government to Government) dengan sejumlah negara. Hingga kini sudah ada empat negara yang sudah berhasil diajak bekerja sama yakni Jerman, Korea, Jepang dan terakhir Arab Saudi.

"Tetapi Presiden (Jokowi) beberapa waktu lalu berpesan agar kalau bisa ditingkatkan negara menjadi 18 atau 19. Kita akan meningkatkan pengiriman PMI dengan medium skill dan hight skill," ungkap Rinardi.

Ia menjelaskan, hari ini adalah kegiatan yang sangat penting bagi sebuah organisasi karena terkait dengan rencana strategis lima tahun ke depan yakni 2025-2029. Renstra lama yakni dari 2020-2024.

Untuk itu, dilakukan evaluasi hasil pekerjaan yang sudah dilakukan khususnya BP2MI kaitannya dengan perlindungan dan pelayanan kepada PMI dan keluarganya selama 5 tahun ini terkait dengan penerapan undang-undang Nomor 18 tahun 2017 tentang perlindungan PMI.

Dia menjelaskan, di dalam pelaksanaannya masih banyak sekali yang memang masih menjadi catatan kita baik kekurangan maupun peluang yang belum bisa dimanfaatkan.

"Kita coba evaluasi kembali lalu dituangkan dalam kerangka baru kita dengan melihat dinamika yang terjadi di masyarakat, bagaimana negara hadir melayani PMI-nya," tutupnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #fokus #pembukaan #border #untuk #tahun #kedepan

KOMENTAR