Kampanye Bawa 4 Istri, Calon Wali Kota Prabumulih Dikritik Langgengkan Budaya Patriarki
Calon Wali Kota Prabumulih pamer 4 istri saat kampanye akhir pekan lalu
21:04
8 Oktober 2024

Kampanye Bawa 4 Istri, Calon Wali Kota Prabumulih Dikritik Langgengkan Budaya Patriarki

Calon Wali Kota Prabumulih Arlan disebut telah melanggengkan budaya patriarki di masyarakat karena berkampanye sambil membawa keempat istrinya. Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia Mike Verawati mengkritik sikap tersebut seolah sebagai pembenaran terhadap poligami.

Padahal, temuan dari koalisi sendiri membuktikan bahwa kebanyakan poligami tidak pernah berhasil adil. Justru menyebabkan perempuan jadi termarjinalkan.

"Melalui sikap atau isu poligami yang dikampanyekan cakada (calon kepala daerah) ini, jelas semakin melanggengkan praktik poligami yang dilihat dari aspek manapun sangat patriarki," kata Mike kepada , dihubungi Selasa (8/10/2024).

Menurut Mike, poligami sebenarnya membuat perempuan jadi hanya disimbolkan sebagai manusia yang tidak memiliki martabat dalam rumah tangga. Kemudian diabaikan perasaan merasa tidak adil.

Baca Juga: Jawaban Menohok Tissa Biani jika Dul Jaelani Poligami, Warganet: Sepakat!

Terlebih, calon wali kota tersebut justru mempertontonkan sikap poligami secara terang-terangan lewat kampanye politik. Mike mengkritik tindakan itu memperlihatkan kalau cakada tersebut punya sikap patriarki.

"Dan ini buruk juga sebenarnya, kalau mau diarahkan bagaimana calon-calon pemimpin, memiliki watak yang patriarki, kalau saya, ya jelas cakada ini gak bakal saya pilih," pungkasnya.

Sebelumnya calon Wali Kota Prabumulih Arlan berkampanye di Kelurahan Sungai Medang, Cabai, kota Prabumulih, Sumatera Selatan pada akhir pekan lalu sembari membawa keempat istrinya. Dia berusaha manjawab tudingan yang dialamatkan kepadanya.

Dia kerap disangka sebagai pria yang kurang baik karena memiliki istri banyak. Karena dengan istri banyak maka akan lebih memprioritaskan kepentingan keluarga ketimbang masyarakat

Arlan yang maju bersama calon wakilnya Franky Nasril akhirnya buka suara saat momen kampanye tersebut.

Baca Juga: Pasangan Viral karena Poligami Batal Dibebaskan, Penahanannya Malah Diperpanjang

"Ini banyak yang ngomong, Cak banyak bini (istri), Cak ada empat bini, itu benar," ujarnya memastikan tudingan jika ia memiliki lebih dari satu istri.

Meski demikian, Arlan mengungkapkan jika ia bertanggung jawab terhadap para istrinya tersebut.

Bahkan dengan percaya diri ia mengungkapkan jika terpilih menjadi wali kota nantinya, ia akan membantu masyarakat terutama para ibu.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #kampanye #bawa #istri #calon #wali #kota #prabumulih #dikritik #langgengkan #budaya #patriarki

KOMENTAR