Tak Ada Reshuffle Menteri Jelang Jokowi Lengser: Seskab, Menaker dan Mendes PDTT Tetap Dijabat Plt
Tak Ada Reshuffle Menteri Jelang Jokowi Lengser: Seskab, Menaker, dan Mendes PDTT Tetap Dijabat Plt. (Instagram/@jokowi)
18:52
8 Oktober 2024

Tak Ada Reshuffle Menteri Jelang Jokowi Lengser: Seskab, Menaker dan Mendes PDTT Tetap Dijabat Plt

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan tidak melakukan reshuffle guna melantik menteri definitif, menyusul sejumlah menteri yang memilih mundur menjelang masa jabatan presiden berakhir pada 20 Oktober 2024 mendatang. 

Mereka yang mundur jelang jabatan Jokowi berakhir, di antaranya Pramono Anung dari Sekretaris Kabinet lantaran menjadi maju sebagai calon gubernur Jakarta di Pilkada 2024, kemudian ada Ida Fauziah dari jabatan Menteri Ketenagakerjaan Menake), dan Abdul Halim Iskandar dari jabatan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT).

Jokowi kemudian menetapkan pelaksana tugas (Plt) tiga jabatan untuk ketiga pos menteri tersebut.

Menteri Sekretaris Negara yang juga Plt Sekretaris Kabinet, Pratikno memastikan tidak ada pengganti Pramono di jabatan Seskab. Alasannya, masa jabatan presiden yang tinggal menghitung hari.

Baca Juga: Minta Rakyat Bergerak Lengserkan Gibran pada 21 Oktober karena Skandal Fufufafa, Seruan Amien Rais Disorot: Makar?

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan) dan komandan upacara Mayjen TNI Djon Afriandi (kiri) memeriksa pasukan saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di  Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). (ANTARA FOTO/Fauzan)Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto (kedua kanan) dan komandan upacara Mayjen TNI Djon Afriandi (kiri) memeriksa pasukan saat menjadi inspektur upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). (ANTARA FOTO/Fauzan)

"Oh iya nggak, kan sudah pendek sekali," kata Pratikno di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (8/10/2024).

Begitu huga dengan jabatan untuk pos menteri yang ditinggal dua politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yakni Ida dan Halim.

"Iya Plt (Pelaksana Tugas)," ujar Pratikno.

Menteri Mundur Jelang Jokowi Lengser

Diberitakan sebelumnya, dua menteri dari PKB mundur dari kabinet menjelang Jokowi lengse sebagai presiden pada 20 Oktober 2024. Dua menteri itu adalah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Baca Juga: Istana Panik usai Kaesang Akui Akun Fufufafa Punya Gibran, Roy Suryo: Dia Orangnya Ceplas-ceplos

Koordinator Staf Khusus, Ari Dwipayana menyampaikan Jokowi sudah menerima surat pengunduran diri Abdul Halim dan Ida.

Wakil Ketua Umum PKB Ida Fauziyah dan Ketua DPW PKB Abdul Halim Iskandar usai menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Senin (18/3/2024). (Suara.com/Novian)Ida Fauziyah dan Abdul Halim Iskandar di Istana Negara, Senin (18/3/2024). (Suara.com/Novian)

"Bapak presiden telah menerima surat  pengunduran diri dari Bapak Abdul Halim Iskandar dan  Ibu Ida Fauziyah,  dalam jabatan masing-masing sebagai Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi serta Menteri Ketenagakerjaan," kata Ari kepada wartawan, Senin (30/9/2024).

Ari mengatakan pengunduran diri Abdul Halim dan Ida terkait penetapan keduanya sebagai calon anggota DPR RI terpilih dalam Pemilu  2024 oleh Komisi Pemilihan Umum. Diketahui pelantikan anggota DPR terpilih dilakukan pada Selasa (1/10).

Selain menerima surat pengunduran diri Abdul Halim dan Ida, Jokowi juga sudah menyetujui pengunduran diri mereka.

"Presiden menyetujui pengunduran diri tersebut dan telah menandatangani Keppres pemberhentian dengan hormat Bapak Abdul Halim Iskandar dan Ibu Ida Fauziyah disertai ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdiannya selama memangku jabatan di Kabinet Indonesia Maju. Keppres tersebut tengah dalam proses pengundangan di Kementerian Sekretariat Negara," tutur Ari.

Melalui Keppres tersebut, Jokowi sekaligus menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas, wewenang dan tanggung jawab Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Serta menunjuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai pelaksana tugas, wewenang dan tanggung jawab Menteri Ketenagakerjaan.

"Selain itu, Bapak presiden telah menerbitkan Keppres no 62/M, tanggal 27 September 2024 tentang pemberhentian dengan hormat, Bapak John Wempi Wetipo, sebagai Wamendagri, disertai ucapan terima kasih atas jasa dan pengabdiannya selama memangku jabatan tersebut. Penerbitan  Keppres terkait pengunduran Bapak John Wempi Wetipo sebagai Wamendagri karena yang bersangkutan dicalonkan sebagai calon kepala daerah pada pilkada 2024," tutur Ari.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #reshuffle #menteri #jelang #jokowi #lengser #seskab #menaker #mendes #pdtt #tetap #dijabat

KOMENTAR