Catat! DPR Bakal Umumkan Jumlah Komisi dan Badan Baru pada 14 Oktober Mendatang
Ilustrasi gedung DPR. Upacara pelantikan pamdal [suara.com/Bagus Santosa]
16:56
7 Oktober 2024

Catat! DPR Bakal Umumkan Jumlah Komisi dan Badan Baru pada 14 Oktober Mendatang

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, menyampaikan, jika soal penambahan komisi hingga susunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) akan diumumkan pada 14 Oktober 2024 mendatang. Nantinya akan ada penambahan AKD juga yakni Badan Aspirasi Rakyat. 

"Komisi Insyaallah tanggal 14 nanti kita akan umumkan," kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2024). 

Nantinya pada 14 Oktober mendatang, kata dia, akan diawali dulu rapat pimpinan fraksi-fraksi partai di DPR RI. Setelah itu akan disampaikan pengumuman. 

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menemui Wakapolda Metro Jaya Brigjen Djati Wiyoto Abadhy di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/8/2024). (Suara.com/Yasir)Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menemui Wakapolda Metro Jaya Brigjen Djati Wiyoto Abadhy di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/8/2024). (Suara.com/Yasir)

"Iya, jadi tanggal 14 itu kemungkinan kita adakan rapat dengan pimpinan-pimpinan fraksi dan disitu kemudian kita akan sampaikan pertambahan komisi, kalau ada dan pertambahan AKD Yang jelas ada pertambahan AKD-nya itu. Badan Aspirasi Rakyat," ujarnya. 

Baca Juga: Seruan Bahlil Lahadalia 'Halalkan Segala Cara' ke Kader Golkar, Goenawan Mohamad: NKRI jadi Arena Bandit

Soal 13 Komisi di DPR

Sufmi Dasco sebelumnya mengatakan, DPR akan mempertimbangkan soal menambah jumlah komisi menjadi 12 atau 13. Namun hal itu baru akan diputuskan menunggu pengumuman jumlah nomenklatur kementerian di pemerintahan ke depan. 

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (Suara.com/Bagaskara)Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad. (Suara.com/Bagaskara)

"Jadi kurang lebih itu kisaran antara 12 atau 13. Itu juga belum diputuskan karena mengingat bahwa kita juga belum dapat berapa banyak penambahan mitra kerja dari DPR yang akan dibentuk oleh pemerintah yang mendatang demikian," kata Dasco di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/10/2024). 

Menurutnya, sejauh ini pihaknya masih menunggu penyusunan kabinet dalam pemerintahan Prabowo Subianto. 

"Justru antara 12 atau 13 itu kan kita sendiri menunggu jumlahnya berapa. Kalau jumlahnya mungkin ada sekitar 5 atau 6, itu cukup 1 komisi penambahannya, gitu kira-kira. Kalau kemudian dia lebih dari itu berarti harus 2 komisi," ujarnya. 

Baca Juga: Pandji Usul Kaesang Ajak Semua Keluarga Pakai Rompi 'Putra Mulyono' tapi Warna Pink, Netizen: Tahanan Kejagung?

Ia mengakui jika memang jumlah komisi yang ada kekinian tidak lah proporsional. 

"Ditambah memang komisi-komisi yang ada sekarang tidak proporsional juga jumlahnya, ada yang agak banyak, ada yang kemudian lebih sedikit jumlah mitranya," pungkasnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #catat #bakal #umumkan #jumlah #komisi #badan #baru #pada #oktober #mendatang

KOMENTAR