Hadapi Tantangan Global Semakin Kompleks, TNI Harus Beradaptasi dengan Teknologi
Pesawat KT-1 Wong Bee yang tergabung dalam Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU menampilkan atraksi aerobatik saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
13:56
6 Oktober 2024

Hadapi Tantangan Global Semakin Kompleks, TNI Harus Beradaptasi dengan Teknologi

- Gebyar HUT Ke-79 TNI begitu terasa di Jakarta kemarin (5/10). Puluhan ribu orang antusias menonton atraksi tiga matra TNI yang sambung-menyambung.

Langit Monas tiba-tiba bergemuruh. Suara itu berasal dari lusinan pesawat tempur yang bermanuver di udara. Sambil memuntahkan bunga-bunga api. Suasana makin semarak saat 1.500 pesawat tanpa awak (drone) menderu di langit membentuk beragam formasi.

Selain di langit, atraksi serupa tampak di darat. Sebanyak 30.206 personel TNI, 521 alutsista, serta145 unit kendaraan klasik dan moge turut memeriahkan puncak HUT TNI itu. Para prajurit mempersilakan warga ikut dalam parade alutsista yang dimulai dari lapangan silang Monas hingga bundaran Senayan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir di acara itu berkeliling memantau pasukan dari atas mobil terbuka. Jolowi didampingi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Sekitar 10 menit presiden berkeliling sebelum turun untuk menyampaikan pidato sambutan.

Secara khusus, Jokowi juga mengucapkan terima kasih kepada presiden terpilih Prabowo Subianto. Menurut Jokowi, Prabowo mampu meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dengan memodernisasi alutsista dan mendorong industri pertahanan dalam negeri.

Jokowi juga berpesan untuk siap menghadapi dua event besar ke depan. Yakni, pergantian presiden pada 20 Oktober dan pilkada serentak pada November. ”Saya minta jaga betul stabilitas, dukung penuh transisi pemerintahan, pastikan proses transisi berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin turut hadir dalam peringatan HUT TNI di Monas. Ma’ruf menyampaikan, selama 79 tahun, TNI memberikan kontribusi yang besar kepada bangsa. Menurut Ma’ruf, TNI sudah menjadi institusi pertahanan yang modern, kuat, serta profesional. TNI tidak hanya menjaga kedaulatan bangsa, tetapi juga berperan dalam pembangunan nasional serta perdamaian dunia.

Ma’ruf juga menyampaikan sejumlah pesan kepada TNI. Khususnya dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. "TNI harus terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi," katanya. Khususnya dalam meningkatkan kemampuan pertahanan menghadapi ancaman siber, peperangan asimetris, serta dinamika geopolitik. (elo/wan/lyn/c6/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #hadapi #tantangan #global #semakin #kompleks #harus #beradaptasi #dengan #teknologi

KOMENTAR