Parade dan Defile Ratusan Alutsista TNI Berlanjut Konvoi dari Monas ke Bundaran Senayan
Alutsista milik TNI melintas di depan panggung kehormatan dalam gladi bersih Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
10:48
5 Oktober 2024

Parade dan Defile Ratusan Alutsista TNI Berlanjut Konvoi dari Monas ke Bundaran Senayan

 

Upacara peringatan HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat dilanjutkan dengan demonstrasi prajurit dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. Tidak lama setelah itu, acara berlanjut dengan parade dan defile alutsista.

Bukan hanya di Lapangan Silang Monas, seluruh alutsista yang ikut dalam parade dan defile melakukan konvoi ke Jalan M. H. Thamrin, Jalan Jenderal Sudirman, dan berputar di Bundaran Senayan

Parade dan Defile Alutsista dalam acara puncak HUT ke-79 TNI melibatkan 30.206 prajurit. Tidak hanya itu, parade dan defile tersebut juga melibatkan 521 alutsista dan 145 kendaraan klasik.

Berdasar data dari Mabes TNI, ratusan alutsista yang ikut dalam parade dan defile terdiri atas 107 alutsista TNI AD, 120 alutsista TNI AL, dan 44 alutsista TNI AU. Turut serta dalam parade dan defile 250 alutsista dari Kementerian Pertahanan (Kemhan). 

HUT TNI tahun ini sangat meriah sekali, karena pertama diikuti oleh seratus ribu prajurit ditambah dengan ribuan masyarakat yang kami undang bergabung mengikuti kendaraan-kendaraan (alutsista) yang pawai dari Monas menuju Thamrin, Sudirman, Senayan dan kembali berputar untuk urut-urutan pelaksanaan demonstrasi (alutsista),” terang Penanggung Jawab Demo Gabungan HUT ke-79 TNI Marsekal Muda TNI Donald Kasenda. 

Acara puncak HUT ke-79 TNI dilaksanakan secara besar-besaran. Selain upacara, parade dan defile, juga akan ada pesta rakyat yang dihadiri oleh artis kenamaan seperti Slank, Raffi Ahmad, dan NDX A. K. A. Mereka akan menghibur masyarakat yang datang secara langsung ke Lapangan Silang Monas.

”Panglima TNI memohon doa dari seluruh masyarakat agar TNI semakin sukses kedepannya,” ungkap Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #parade #defile #ratusan #alutsista #berlanjut #konvoi #dari #monas #bundaran #senayan

KOMENTAR