DPR Akan Undang Para Hakim untuk Bahas Polemik Kenaikan Gaji
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/aa)
14:24
4 Oktober 2024

DPR Akan Undang Para Hakim untuk Bahas Polemik Kenaikan Gaji

  Anggota DPR RI fraksi Partai Gerindra Habiburokhman menyatakan, pihaknya akan memanggil Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) untuk membahas terkait tuntutan peningkatan gaji hakim yang selama 12 tahun belum mengalami kenaikan. Hal ini buntut rencana aksi cuti bersama ribuan hakim yang akan digelar pada 7-11 Oktober 2024.   "Saya sudah diperintah oleh Wakil Ketua DPR terpilih saat ini, Dasco Ahmad untuk berkomunikasi dengan Solidaritas Hakim Indonesia yang menuntut peningkatan kesejahteraan pada tanggal 7 dan 8, kami akan menggelar pertemuan audiensi RDPU dengan para hakim yang menuntut kesejahteraan tersebut," kata Habiburokhman kepada wartawan, Jumat (4/10).   Mantan Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini mengungkapkan, dirinya merasa prihatin dengan nasib para hakim. Sebab, saat melakukan kunjungan ke daerah, menemui hakim yang tinggal rumah kos.  

  "Saya setiap kali kungker ke daerah-daerah terenyuh melihat hakim itu, mereka banyak yang tinggal di rumah-rumah kos. Saya prihatin, bahkan ada beberapa yang meninggal dunia, karena kesehatannya tidak terjaga di rumah-rumah kos tersebut, jauh dari keluarga, istri, mau pulang ke rumah secara rutin karena penempatannya di luar kota jauh dari kediamannya kan tidak terawat," ungkap Habiburokhman.   Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menyatakan, nasib hakim memang sangat memprihatinkan. Karena itu, ia memastikan pihaknya berkomitmen untuk mensejahterakan hakim.   "Kan ini agak mengerikan juga ya para nasib, para penegak keadilan ini, kami berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan, hakim itu juga kan di visi misinya Prabowo kami akan mengundang mereka untuk sama-sama mencari solusi," pungkas Habiburokhman.  

  Adapun, Solidaritas Hakim Indonesia menuntut agar Presiden Republik Indonesia segera merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim di Bawah Mahkamah Agung, untuk menyesuaikan gaji dan tunjangan hakim sesuai dengan standar hidup layak dan besarnya tanggung jawab profesi hakim.   Serta, mendesak Pemerintah untuk menyusun peraturan perlindungan jaminan keamanan bagi hakim, mengingat banyaknya insiden kekerasan yang menimpa hakim di berbagai wilayah pengadilan. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #akan #undang #para #hakim #untuk #bahas #polemik #kenaikan #gaji

KOMENTAR