Pinka Anak Puan Maharani jadi Anggota DPR, Punya Harta Rp 38 Miliar
Diah Pikatan Orissa Putri Haprani alias Pinka Haprani di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10). (IST)
20:16
3 Oktober 2024

Pinka Anak Puan Maharani jadi Anggota DPR, Punya Harta Rp 38 Miliar

- Sebanyak 580 Anggota DPR RI periode 2024-2029 telah dilantik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Selasa (1/10). Banyak wajah muda, yang juga anak dari pejabat nasional menjadi anggota dewan.

Salah satunya, Diah Pikatan Orissa Putri Haprani alias Pinka Haprani yang merupakan anak dari Ketua DPR RI Puan Maharani. Pinka merupakan anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan yang terpilih dari daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah IV yang mencakup Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Karanganyar.   Pinka yang kini berusia 25 itu tahun itu tercatat memiliki harta kekayaan senilai Rp 38.076.495.350 atau Rp 38 miliar. Harta kekayaan itu dilaporkan Pinka saat hendak mendaftar sebagai Anggota DPR RI pada 10 September 2024.  

  Cucu dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu tercatat memiliki empat bidang tanah yang tersebar di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Gianyar Bali. Total harta tidak bergerak milik Pinka itu senilai Rp 35.025.879.200 atau Rp 35 miliar.   Pinka juga tercatat memiliki harta berupa kas dan setara senilai Rp 3.050.616.150 atau Rp 3 miliar.   Pinka sendiri mengaku ingin memperjuangkan isu anak, perempuan, dan disabilitas pada periode pertamanya menjadi anggota DPR.   “Untuk aku, perempuan dan anak, juga disabilitas. Itu adalah konsen saya,” kata Pinka di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).   Namun, Pinka masih menunggu perintah fraksi PDI Perjuangan akan ditempatkan di komisi berapa di DPR.   “Tunggu perintah ya. Kalau ditanya mau apa? Maunya (Komisi) X (yang membidangi) pendidikan dan budaya, tapi belum tahu, masih tunggu perintah fraksi,” ucap Pinka.   Sebagai salah satu anggota DPR yang terbilang masih muda, Pinka menyatakan tidak kesulitan bergaul dengan para senior di DPR. Ia juga mengaku akan terus berusaha supel dengan para anggota DPR lain lintas fraksi.   “Kita sama semua, mau beda partai mau beda jarak umur itu harus tetap deket dong kalau kenal,” pungkas Pinka.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #pinka #anak #puan #maharani #jadi #anggota #punya #harta #miliar

KOMENTAR