DPD Masih Alot Tentukan Wakilnya, Rapat Pelantikan Pimpinan MPR RI Tak Digelar Malam Ini?
Ketua Fraksi PDIP MPR RI, Ahmad Basarah. [Suara.com/Bagaskara]
23:08
2 Oktober 2024

DPD Masih Alot Tentukan Wakilnya, Rapat Pelantikan Pimpinan MPR RI Tak Digelar Malam Ini?

Rapat paripurna pelantikan pimpinan MPR kemungkinan tidak jadi dilakukan malam ini Rabu (2/10/2024). Hal itu menyusul pembahasan siapa yang menjadi Wakil Ketua MPR RI dari unsur DPD RI masih alot hingga malam ini.

Ketua Fraksi PDIP MPR RI, Ahmad Basarah, mengatakan, sedianya fraksi-fraksi partai sudah siap menggelar rapat paripurna pelantikan MPR RI malam ini. Hanya saja pembahasan dari unsur DPD masih alot.

"Rapat fraksi-fraksi saya dapatkan kabar sudah siap jika rapat pemilihan penetapan pimpinan MPR mau dimajukan malam ini. Tetapi syaratnya adalah calon wakil ketua atau pimpinan MPR dari unsur DPD sudah harus putusan dulu, gitu," kata Basarah di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Menurutnya, DPD RI masih terus menggelar rapat hingga malam ini, sebab belum menemukan siapa figur yang akan didorong menjadi Wakil Ketua MPR RI.

Baca Juga: PKB Pilih Bos Lion Air Rusdi Kirana Jabat Wakil Ketua MPR, PKS Tunjuk Lagi HNW

"Nah saya dari tadi siang memonitor teman-teman DPD rupanya sampai malam ini belum tercapai kesepakatan tentang siapa yang akan diusulkan menjadi Calon Wakil Ketua MPR dari DPD RI," katanya.

Untuk itu, kata dia, MPR RI akan menggelar rapat gabungan malam ini untuk membahas nasib rapat paripurna pelantikan pimpinan MPR RI.

"Atas dasar pertimbangan itu skrg kami mau rapat gabungan pimpinan MPR untuk menetapkan agar jadwal pemilihan dan penetapan pimpinan MPR tetap mengikuti jadwal yaitu pada tanggal 3 Oktober besok pukul jam 10.00 pagi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Kelompok DPD Dedi Iskandar Batubara memastikan hingga Rabu (2/10/2024) malam tidak ada pelantikan pimpinan MPR. Belum adanya pelantikan tersebut, menurut Dedi, dikarenakan masih menunggu proses di DPD selesai.

"Informasinya malam hari ini tidak ada pelantikan. Belum akan ada pelantikan MPR pada malam hari ini. Menunggu proses di DPD selesai," kata Dedi Iskandar Batubara saat memimpin Rapat Penetapan Pimpinan Kelompok DPD dan Penetapan Alat Kelengkapan DPD RI di Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Baca Juga: Hingga Rabu Malam Ini, Dipastikan Belum Ada Pelantikan Pimpinan MPR

Pelantikan MPR sendiri, jelas Dedi, saat ini masih menunggu proses pemilihan pimpinan di DPD selesai.

"Jadi, saya kira ini normal-normal saja dalam dinamika dan situasi pemilihan di lembaga ini dan MPR," ujarnya.

Mengenai kepastian waktu pelantikan pimpinan MPR, Wakil Ketua DPD Tamsil Linrung mengatakan kemungkinan dilakukan Kamis (3/10/2024).

"Tadi disampaikan kemungkinan besok baru ada rapat, sekaligus pelantikan pimpinan MPR. Oleh karena itu, kalau kami belum bisa menyelesaikan sampai pukul 19.00 WIB, sudah ada saling pengertian dengan pihak MPR," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #masih #alot #tentukan #wakilnya #rapat #pelantikan #pimpinan #digelar #malam

KOMENTAR