Bantah Minta Kursi dari Arteria Dahlan Agar Bisa Masuk DPR, Romy Soekarno: Saya Berjuang di Dapil
Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan Handra Rahtomo alias Romy Soekarno di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). (Istimewa)
11:40
2 Oktober 2024

Bantah Minta Kursi dari Arteria Dahlan Agar Bisa Masuk DPR, Romy Soekarno: Saya Berjuang di Dapil

– Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan Handra Rahtomo alias Romy Soekarno membantah kabar dirinya masuk DPR karena meminta kursi kepada politikus PDIP Arteria Dahlan.

Cucu proklamator RI Soekarno itu menegaskan bahwa dirinya telah berjuang di konstituen untuk bisa duduk di parlemen.

Romy merupakan anggota parlemen daerah pemilihan (Dapil) Jatim VI yang juga satu dapil dengan Arteria Dahlan. "Bukan diberikan, tapi karena saya berjuang di dapil," kata Romy di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10). 

Romy memastikan tidak ada intervensi dalam pemilihan dirinya dalam menggantikan Sri Rahayu.

"DPP mengapresiasi bagaimana saya di dapil berjuang dari pagi sampai malam. Dan terima kasih untuk Bu Sri Rahayu dan Mas Teri (Arteria), karena mereka mengapresiasi semua apa yang saya lakukan di dapil. Sehingga ya mudah-mudahan saya bisa menjadi wakil rakyat yang bisa berjuang untuk bangsa dan negara," tegas Romy. 

Sebelumnya, Arteria Dahlan mengatakan bahwa dirinya memberikan kursi DPR RI periode 2024–2029 kepada Romy Soekarno secara sukarela. Arteria menjelaskan, pemberian kursi DPR kepada Romy Soekarno merupakan bentuk balas budi kepada keluarga Bung Karno.

"Suatu kemuliaan untuk mundur demi keluarga besar Bung Karno. Mas Romy datang, kemudian yang bersangkutan minta tolong," ucap Arteria, Senin (1/10).

Anggota Komisi III DPR RI periode 2019-2024 itu mengaku tahu diri, sehingga dirinya tidak melakukan perlawanan. Menurutnya, kariernya di politik telah lama dipupuk PDIP.

Ia mengamini bahwa dirinya bisa duduk di parlemen karena bimbingan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, almarhum Taufiq Kiemas, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

"Artinya ini semua berkat budi baik keluarga besar Bung Karno, yang tidak bisa juga saya membalasnya selain dengan loyalitas atau kesetiaan. Sudah saatnya saya membalasnya," pungkas Arteria.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #bantah #minta #kursi #dari #arteria #dahlan #agar #bisa #masuk #romy #soekarnosaya #berjuang #dapil

KOMENTAR