Akhirnya Dilantik Jadi Anggota DPR RI, Romy Soekarno: Alhamdulillah Lancar, Ini Apresiasi dari DPP PDIP
Anggota DPR RI dari fraksi PDIP yang juga Cucu Bung Karno, Romy Soekarno atau Hendra Rahtomo. (Suara.com/Bagaskara)
14:32
1 Oktober 2024

Akhirnya Dilantik Jadi Anggota DPR RI, Romy Soekarno: Alhamdulillah Lancar, Ini Apresiasi dari DPP PDIP

Cucu Bung Karno, Romy Soekarno atau Hendra Rahtomo, akhirnya dilantik sebagai Anggota DPR RI periode 2024-2029. Berhasilnya dia menjadi wakil rakyat disebut karena ada apresiasi partai.

Penunjukan Romy menjadi Anggota DPR RI terpilih sempat menuai sorotan usai dirinya menggantikan posisi dari dua kader PDIP Sri Rahayu dan Arteria Dahlan.

"Alhamdulillah lancar (pelantikan)," kata Romy ditemui usai dilantik di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Ia mengatakan, penunjukan dirinya sebagai anggota dewan berkat adanya apresiasi yang diberikan DPP PDIP. Dirinya juga menyampaikan terima kasihnya kepada Sri dan Arteria.

Baca Juga: Agak Lain, Legislator Asal Jateng Ini Pakai Kostum Ultraman Jelang Pelantikan DPR RI

"Oh itu memang dari DPP yah. DPP mengapresiasi bagaimana saya di dapil berjuang dari pagi sampai malam dan terima kasih untuk Bu Sri Rahayu dan Mas Teri (Arteria) karena mereka mengapresiasi semua apa yang saya lakukan di dapil sehingga ya mudah-mudahan saya bisa menjadi wakil rakyat yang bisa berjuang untuk bangsa dan negara berdasarkan ajaran Bung Karno," tuturnya.

Usai dilantik jadi wakil rakyat, Romy mengaku akan berjuang untuk daerah pilihnya. Terutama para petani dan para pedagang kecil di Pasar.

"Saya harus berjuang untuk dapil saya untuk petani untuk nelayan untuk semua masyarakat yang telah saya temukan di pasar, saya bertemu dengan pedagang, saya harus berjuang untuk mereka sebagai cucu Bung Karno. Karena kakek saya dimakamkan di sana," pungkasnya.

Sebelumnya, Romy Soekarno atau Hendra Rahtomo melenggang ke Senayan usai menggantikan Sri Rahayu dan Arteria Dahlan. Sri Rahayu serta Romy Soekarno dan Arteria Dahlan sendiri merupakan caleg PDIP untuk DPR RI di Dapil IV Jawa Timur.

Seperti dilihat Suara.com, Minggu (29/4/2024), penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1401 Tahun 2024 tentang Perubahan Kelima atas Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1206 Tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Baca Juga: Pasrah Posisi di DPR 'Diambil' Cucu Soekarno, Arteria Ogah Lawan PDIP: Saya Bukan Anak Nakal

SK tersebut ditandatangani oleh Ketua KPU Mochammad Afifuddin pada Jumat (27/9/2024). Dalam kotak keterangan penjelasan, tertulis bahwa Sri Rahayu mengundurkan diri.

"Menggantikan calon terpilih atas nama Dra. Sri Rahayu (peringkat suara sah ke II, nomor urut 1) karena yang bersangkutan mengundurkan diri dan calon atas nama H. Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H. (peringkat suara sah ke III, nomor urut 4) karena yang bersangkutan mengundurkan diri," tulis penjelasan SK tersebut.

Putra Rachmawati Soekarnoputri tersebut kini dipastikan melenggang mulus ke Senayan dengan perolehan 51.245 suara yang dikumpulkan dari hasil Pemilihan Legislatif 2024 lalu.

SK tersebut bersamaan dengan dikembalikannya dua caleg terpilih PKB yang sebelumnya diajukan untuk digantikan oleh partai tersebut kepada KPU, yakni Achmad Ghufron Sirodj dan Mohammad Irsyad Yusuf.

Kembalinya kedua kader PKB tersebut berdasarkan pada Putusan Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor 004/REG/LP/ADM.PL/BWSL/00.00/IX/2024.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #akhirnya #dilantik #jadi #anggota #romy #soekarno #alhamdulillah #lancar #apresiasi #dari #pdip

KOMENTAR