Sejarah HUT TNI, Kenapa Dirayakan Bulan Oktober?
Kapan HUT TNI (situs TNI)
22:08
26 September 2024

Sejarah HUT TNI, Kenapa Dirayakan Bulan Oktober?

Sebagian masyarakat mungkin belum tahu secara pasti, kapan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI). Selain kapan HUT TNI dirayakan, informasi mengenai sejarah TNI juga menarik untuk diketahui.

HUT TNI akan diperingati pada tanggal 5 Oktober 2024 mendatang, di mana tahun ini merupakan peringatan HUT ke-79 TNI. Dalam rangka menyambut dan merayakan peringatannya, saat ini telah dirilis tema untuk puncak acara HUT TNI ke-79. 

Sejarah  HUT TNI

Tanggal 5 Oktober memang diperingati sebagai HUT TNI atau Hari Tentara Nasional Indonesia, di mana dalam sejarahnya, tanggal 5 Oktober 1945 adalah tanggal pembentukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan cikal bakal Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca Juga: Sekilas Sejarah HUT TNI 5 Oktober dan Perubahan Namanya dari BKR Sampai Sekarang

Sejarah lahirnya TNI dimulai dari pembentukan Badan Keamanan Rakyat (BKR), di mana anggota BKR adalah pejuang-pejuang kemerdekaan yang datang dari berbagai latar belakang dan kelompok. Ada yang mantan prajurit PETA, ada pula sukarelawan yang ingin berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama fase awal kemerdekaan.

Pembentukan organisasi ini diketahui dilakukan sebagai respons terhadap situasi ketidakpastian serta ancaman terhadap keamanan nasional yang ada pada saat itu. Pada saat itu, BKR dipimpin oleh Dr Sutomo dan Sjahrir.

Lalu pada 5 Oktober 1945, BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin oleh Jenderal Soedirman sebagai panglima, di mana pembentukan TKR ini diumumkan melalui Dekrit Presiden.

Pembentukan TKR pada 5 Oktober itu lalu menjadi dasar penentuan HUT TNI. Nama TKR sendiri lalu diganti menjadi Tentara Republik Indonesia pada 5 Januari 1946. Perubahan nama itu dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international. Lalu, nama TNI baru digunakan pada 3 Juni 1947 dan pembentukan ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap agresi militer Belanda ke Indonesia untuk menguasai kembali koloninya.

Tahun 1962, TNI kemudian digabungkan dengan Kepolisian Negara (Polri) menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Kemudian pada 1 April 1999, TNI dan Polri secara resmi kembali dipisah, dan sebutan ABRI sebagai tentara dikembalikan menjadi TNI. 

Baca Juga: Jokowi Minta TNI Peka Hadapi Krisis Pangan Dunia: Ini Urusan Perut!

Rencana Perayaan HUT TNI ke 79

Sebagaimana dikutip dari akun resmi Puspen TNI, tema peringatan HUT ke-79 TNI yaitu "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Untuk Indonesia Maju". Dalam rangka merayakan peringatan HUT ke-79 TNI, pada tanggal 5 Oktober 2024 mendatang akan diselenggarakan acara 'Perayaan Puncak HUT ke-79 TNI' di Silang Monas Jakarta, di mana dalam acara ini juga akan dimeriahkan berbagai kegiatan hingga hiburan.

Mengutip unggahan akun resmi Puspen TNI, pada acara puncak HUT ke-79 TNI tanggal 5 Oktober 2024 nanti di Silang Monas Jakarta akan diisi oleh kegiatan demo bela diri, demo berkuda, demo antidrone, demo drone theatrical, defile pasukan, defile alutsista, kirab alutsista bersama rakyat, jupiter aerobatic team, terjun payung, rajawali laut fight, fly pass, boomburst dan high speed pass, hingga makan gratis. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #sejarah #kenapa #dirayakan #bulan #oktober

KOMENTAR