Trending! Ngaku Nebeng tapi Teman Pemilik Pesawat Jet Tak Ikut, Kaesang Ledek Publik?
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menjawab pertanyaan jurnalis usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). [ANTARA FOTO/Reno Esnir/app/foc]
09:36
18 September 2024

Trending! Ngaku Nebeng tapi Teman Pemilik Pesawat Jet Tak Ikut, Kaesang Ledek Publik?

Setelah melakukan klarifikasi soal penggunaan pesawat jet pribadi alias private jet ke KPK pada Selasa kemarin, nama Kaesang Pangarep menjadi trending topik di platfrom X Indonesia pada Rabu (18/9/2024) hari ini.

Selain itu, frasa "nebeng" ikut menjadi trending topik lantaran menjadi isu yang sedang hangat diperbincangkan oleh para pengguna X.

Ucapan "nebeng" itu sempat disampaikan oleh Kaesang saat mendatangi Gedung KPK untuk mengklarifikasi soal penggunaan pesawat jet pribadi terkait kepergiannya ke Amerika Serikat bersama sang istri, Erina Gudono.

Sontak, jagat X pun ramai dibanjiri video klarifikasi Kaesang yang mengaku nebeng pesawat jet temannya itu. Namun, banyak netizen yang justru mengolok-olok putra bungsu Jokowi itu karena nama temannya tidak tercatat dalam nama penumpang pesawat jet yang sempat dipakai Kaesang dan istrinya saat pelesiran ke AS.

Baca Juga: Ngaku Nebeng, Ternyata Tak Ada Nama Teman Kaesang di Daftar Nama Penumpang Pesawat Jet

Komika Muhadkly Acho turut mengunggah sebuah artikel media nasional saat menyindir Kaesang lewat akun X pribadinya, @MuhadklyAcho.

Kaesang Pangarep trending topik di platform X Indonesia. (tangkapan layar/X)Kaesang Pangarep trending topik di platform X Indonesia. (tangkapan layar/X)

"Nebeng teman tapi temannya tidak ikut. Atur aja dah, bebas," cuit Acho dikutip , Rabu.

Peneliti lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Muchlis A Rofik juga ikut mengomentari soal pemberitaan media online terkait ucapan Kaesang yang mengaku nebeng pesawat jet milik rekannya itu.

Terkait tidak adanya nama rekannya sekaligus pemilik pesawat jet berinisial Y yang ditumpangi Kaesang itu, adik kandung Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka itu dianggap sedang meledek publik.

"Judulnya nebeng. Tapi yang ditebengi tidak ikut. Kaesang lagi ngeledek publik," tulis Muchlis A Rofik.

Baca Juga: Bareng Erina Pergi ke AS, Jubir Ungkap Alasan Kaesang Nebeng Pesawat Jet Temannya: Kebetulan Searah

Selain itu, muncul juga foto karikatur bergambar dua orang yang sedang menaiki badan pesawat bertuliskan Fufufafa. Akun X @KangManto123 yang mengunggah foto karikatur tersebut juga menuliskan keterangan yang menohok.

"Bapak Nebeng Banteng, Sulung Nebeng Paman, Bungsu Nebeng Teman. Ikatan Keluarga Nebeng (IKN)," demikian isi cuitan tersebut.

Sebelumnya, KPK membongkar soal klarifikasi yang disampaikan oleh Kaesang soal penggunaan pesawat jet pribadi yang santer dibahas publik baru-baru ini.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) menjawab pertanyaan jurnalis usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). [ANTARA FOTO/Reno Esnir/app/foc]Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) menjawab pertanyaan jurnalis usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). [ANTARA FOTO/Reno Esnir/app/foc]

Direktur Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan bahwa putra bungsu Presiden Joko Widodo itu mengaku hanya nebeng temannya yang berinisial Y saat menggunakan jet pribadi ke Amerika Serikat.

“Inisial Y kalau nggak salah depannya, tapi kita nggak tahu nih, bener nggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA atau apa. Jadi dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi,” kata Pahala kepada wartawan, Selasa.

Namun, dalam klarifikasi yang disampaikan Kaesang kepada KPK, hanya ada empat orang yang disebutkan naik jet pribadi tersebut. Mereka ialah Kaesang, istrinya yaitu Erina Gudono, kakak Erina yaitu Nadya Gudono, dan seorang staf.

“Jadi Kaesang, istrinya, kakak istrinya, dan stafnya. Jadi berempat,” ujar Pahala.

Meski mengaku cuma nebeng, Kaesang  tidak menyampaikan nama temannya berinisial Y sekaligus pemilik jet pribadi sebagai salah satu orang yang ikut berpergian dengannya ketika itu. 

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #trending #ngaku #nebeng #tapi #teman #pemilik #pesawat #ikut #kaesang #ledek #publik

KOMENTAR