Kepada KPK, Kaesang Ngaku Nebeng Jet Pribadi Teman Berinisial Y, Warga Negara Mana?
Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan. [Suara.com/Dea]
17:24
17 September 2024

Kepada KPK, Kaesang Ngaku Nebeng Jet Pribadi Teman Berinisial Y, Warga Negara Mana?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjelaskan bahwa dalam klarifikasi yang disampaikan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo itu nebeng jet pribadi temannya yang berinisial Y.

Pernyataan itu disampaikan Deputi Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan setelah menerima klarifikasi Kaesang perihal dugaan gratifikasi pada penggunaan jet pribadi ke Amerika Serikat.

"Inisial Y kalau nggak salah depannya," kata Pahala Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Meski begitu, Pahala enggan mengungkapkan secara rinci mengenai identitas lengkap teman Kaesang tersebut yang memberi tumpangan jet pribadi.

Baca Juga: KPK Sebut Nilai Perjalanan Jet Pribadi Kaesang Mencapai Rp 360 Juta

Pahala juga tidak mengonfirmasi ketika ditanya apakah teman Kaesang itu merupakan warga negara asing (WNA) Singapura yang dikabarkan terafiliasi dengan perusahaan developer game online Garena milik Sea Group.

Namun, Pahala memastikan bahwa teman Kaesang berinisial Y itu nantinya juga akan dimintai konfirmasi terkait penggunaan jet pribadi tersebut.

"Jadi, dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi," ujar Pahala.

Sebelumnya, Kaesang mengklaim dirinya hadir ke KPK atas inisiatif sendiri untuk melakukan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi pada penggunaan jet pribadi.

"Jadi hari ini, kedatangan saya ke KPK, sebagai warga negara yang baik. Saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat," kata Kaesang di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9/2024).

Baca Juga: KPK Butuh Waktu 30 Hari untuk Analisa Klarifikasi Jet Pribadi Kaesang

"Saya datang ke sini bukan karena undangan, bukan karena panggilan, tapi inisiatif saya sendiri," tambah dia.

Menurut Kaesang, hal yang diklarifikasi kepada KPK hari ini berkaitan dengan perjalanannya menggunakan jet pribadi belum lama ini.

Sekadar informasi, Kaesang dilaporkan ke KPK atas dugaan gratifikasi oleh Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dan Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubaidillah Badrun terkait penggunaan jet pribadi.

Diketahui, jet pribadi yang ditumpangi Kaesang dan istrinya, Erina Gudono santer dibahas pengguna media sosial. Penggunaan jet pribadi berupa Gulfstream G650ER tersebut awalnya diketahui dari foto jendela yang ditampilkan Erina pada Instagram Story.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #kepada #kaesang #ngaku #nebeng #pribadi #teman #berinisial #warga #negara #mana

KOMENTAR