Heran Disebut 'Orang Istana', Mahfud MD Ungkap Momen Ali Ngabalin Diusir saat Jokowi-Prabowo Bertemu: Gak Boleh Ikut
Mahfud MD saat memberi keterangan pada wartawan di UGM, Sleman, DIY, Rabu (31/7/2024). [Hiskia/Suarajogja.id]
10:36
17 September 2024

Heran Disebut 'Orang Istana', Mahfud MD Ungkap Momen Ali Ngabalin Diusir saat Jokowi-Prabowo Bertemu: Gak Boleh Ikut

Mantan Menko Polhukam Mahfud MD membongkar sosok Ali Mochtar Ngabalin karena kerap mencatut nama Presiden Jokowi saat berbicara di depan awak media massa. Justru, Mahfud mengaku heran dengan ucapan Ngabalin yang sering disebut-sebut 'orang Istana' padahal dianggap tidak pernah terlihat berada di Istana.

Cerita itu diungkap Mahfud MD dalam podcast yang tayang di akun Youtube @NovelBaswedanOfficial, beberapa waktu lalu.

"Katanya mewakili Istana meskipun selama 5 tahun saya di istana, saya tidak pernah Pak Ngabalin ini ngelihat bertemu Presiden (Jokowi). Datang ke istana aja ndak, sepengetahuan saya sehingga Pak Ngabalin kok sering mengatasnamakan istana , Presiden (Jokowi) kapan ya ngomongnya sama dia?" ujar Mahfud MD.

Mahfud MD pun turut menyinggung soal Ngabalin yang sering menyampaikan isi rapat kabinet di Istana. Menurutnya, jika ada sesuatu yang mengangkut pemerintah, pastinya keterangan resmi akan disampaikan oleh para menteri.

Baca Juga: Jejak Digital Bisa Bongkar Watak Asli, Sentilan Pedas Ganjar soal Etika usai Akun Fufufafa Terungkap!

"Kadang kala dia sering menjelaskan soal hasil sidang kabinet. Padahal dia tuh gak pernah ada di Istana. Saya yang paling sering ke Istana, kalau ada hal-hal pentingkan mesti menteri toh," ujar Mahfud sembari menunjuk dirinya.

Meski demikian, Mahfud mengaku tidak tahu apakah Ngabalin kerap diminta ikut rapat dengan Presiden Jokowi di luar rapat kabinet menteri. Namun, Mahfud memastikan jika dirinya sama sekali tidak pernah melihat keberadaan Ngabalin ketika para menteri diminta untuk menghadap Presiden Jokowi di Istana.

"Tapi Pak Ngabalin selalu mengatasnamakan presiden, gitu. Ya gak tahu ya kalau ada rapat malam, saya enggak tahu, itu saya enggak membantah. Tapi sampai sekarang saya heran, kenapa tuh Pak Ngabalin selalu diundang oleh media juga dan disebut orang Istana. Enggak ada dia, enggak pernah ada di Istana," beber Mahfud.

"Jangan-jangan dia yang ngaku orang istana," timpal Novel Baswedan.

Potongan video Ngabalin dan Mahfud Md yang diunggah netizen di X. (tangkapan layar/X)Potongan video Ngabalin dan Mahfud Md yang diunggah netizen di X. (tangkapan layar/X)

"Saya gak tahu. Saya hanya sampaikan ke Anda, kenapa Pak Ngabalin selalu disebut oleh media, orang istana, wong saya kan sangat sering di istana. Di luar pun tidak, di dalam pun tidak," balas Mahfud.

Baca Juga: Ngaku Sulit Bertemu Jokowi, Istana soal Curhatan Pimpinan KPK: Jangan sampai Disalahpersepsikan Sebagai Intervensi

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun menceritakan momen Ngabalin 'diusir' ketika Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto. Dalam pertemuan Jokowi dan Prabowo bertemu pertama kalinya, Mahfud MD menyebut jika Ngabalin dilarang ikut masuk.

"Malah dulu insiden yang terjadi itu, ketika Pak Jokowi mau ketemu Pak Prabowo yang pertama, kan ada Ngabalin tuh ikut di belakang, diusir ya kan. Ditutup pintunya, gak boleh (ikut) gitu," ujarnya.

"Saya sampai sekarang bertanya, siapa ya Pak Ngabalin ini, mungkin ada grup tertutup dengan Pak Jokowi di malam hari atau tiap minggu atau apa. Kalau resminya dia gak pernah ada di Istana," imbuhnya.

Mantan Menko Polhukam Mahfud MD. (Tangkapan layar/Youtube)Mantan Menko Polhukam Mahfud MD. (Tangkapan layar/Youtube)

Selain di Istana, Mahfud juga mengaku selama menjabat sebagai Menko Polhukam, dirinya tidak pernah melihat Ngabalin di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko.

"Mungkin kalau di kantornya Pak Moeldoko sih iya, mungkin iya, mungkin tidak. Meski pun setiap saya ke kantor Pak Moeldoko juga enggak ada," ujar Mahfud.

Cerita Mahfud yang membongkar sosok Ngabalin ramai disorot netizen setelah cuplikan video podcast bareng Novel Baswedan itu dibagikan akun X, @BosPurwa.

Pengguna X dengan nama King Purwa itu turut menyandingkan potongan video podcast Mahfud Md dengan video lawas Ngabalin yang mengaku kenal dekat dengan Presiden Jokowi.

"Skakmat, ngakak gw..! Ngabalin digebukin Prof MMD," demikian keterangan akun tersebut dikutip Suara.com pada Selasa (17/9/2024).

Dilihat dalam video berdurasi 35 detik yang dibagikan ulang akun tersebut, Ngabalin tampak membahas sosok Jokowi.

"Ini pemimpin yang berjalan dengan caranya sendiri," ujar Ngabalin.

Saking mengaku kenal dekat dengan kepala negara, Ngabalin pun mengungkapkan ritual-ritual yang kerap dilakukan Presiden Jokowi termasuk soal puasa Nabi Daud.

"Karena saya tahu komunikasinya (Presiden Jokowi) dengan Allah Subhanahu wa Ta'ala, itu luar biasa," ujarnya.

"Puasa senin, puasa Nabi Daudnya per hari ini lebih dari 18 tahun. Dalam waktu-waktu tertentu, dia bersemedi, dia bermunajat kepada Allah Ta'ala melebih seorang ulama," beber Ngabalin.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #heran #disebut #orang #istana #mahfud #ungkap #momen #ngabalin #diusir #saat #jokowi #prabowo #bertemu #boleh #ikut

KOMENTAR