Spesifikasi Kapal Induk Italia yang Empat Hari Sandar di Jakarta
Personel Pasmar 1 Korps Marinir dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) III Jakarta mengamankan port visit kapal perang Italia di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. (Pasmar 1)
09:56
17 September 2024

Spesifikasi Kapal Induk Italia yang Empat Hari Sandar di Jakarta

Gugus Tempur Kapal Induk Italia mengirim ITS Cavour C-550 ke Jakarta. Kapal induk tersebut bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara selama empat hari. Mulai Sabtu (14/9) - Selasa (17/9). Berdasar keterangan resmi dari TNI AL dan jajaran, kapal induk tersebut melakukan port visit ke Indonesia bersama dua kapal lainnya. Yakni Kapal Fregat ITS Alpino F-594, dan Kapal PPA ITS Raimondo Montecuccoli P-432.

Khusus ITS Cavour C-550 , Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali sudah melihat langsung kapal induk tersebut dalam acara Deck Reception yang diselenggarakan pada Minggu malam (15/9). Dalam acara tersebut, Ali menyampaikan pentingnya kerja sama antara TNI AL dengan Angkatan Laut Italia. ”Kesempatan ini memungkinkan kita untuk bertukar wawasan dan perspektif tentang perkembangan terbaru dalam pertahanan dan teknologi maritim,” ujarnya. 

ITS Cavour C-550 merupakan kapal induk multifungsi. Kapal perang tersebut masuk dalam kategori kapal induk Short Take Off and Vertical Landing (STOVL). Kapal induk tersebut menjadi kapal induk utama bagi Panglima Tertinggi Armada Angkatan Laut Italia. ITS Cavour C-550 dirancang untuk mengkombinasikan operasi udara menggunakan pesawat tempur dan helikopter. 

Berdasar keterangan resmi TNI AL,  ITS Cavour C-550 mampu menjalankan empat peran sekaligus. Yakni menjalankan tugas sebagai kapal induk, kapal platform logistik dan amfibi, kapal unit komando dan kontrol, serta bisa difungsikan menjadi kapal rumah sakit. Keunggulan lain kapal induk tersebut adalah bisa digunakan untuk landing pesawat tempur F-35B Lightning II. 

Salah satu kapal perang andalan Angkatan Laut Italia itu memiliki dimensi panjang 244 meter, lebar 39 meter, dan bobot antara 27 ribu ton - 30 ribu ton. Meski sangat besar, kapal induk itu bisa berlayar dengan kecepatan 29 knot dengan jangkauan pelayaran sejauh tujuh ribu nautical mile. Kapal perang tersebut juga dilengkapi berbagai sistem senjata.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #spesifikasi #kapal #induk #italia #yang #empat #hari #sandar #jakarta

KOMENTAR