Respons Gimik Gibran di Debat Cawapres, Ganjar: Publik Akan Menilai
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka (kanan) menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat Keempat Pilpres 2024 mengangkat tema terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.(ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)
15:38
22 Januari 2024

Respons Gimik Gibran di Debat Cawapres, Ganjar: Publik Akan Menilai

- Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengingatkan, gestur yang ditunjukkan calon presiden dan wakil presiden merupakan salah satu faktor yang dinilai masyarakat saat menyaksikan debat pilpres.

Hal ini ia sampaikan ketika dimintai tanggapan mengenai tingkah cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming kepada cawapres nomor urut 3 Mahfud MD dalam debat pada Minggu (21/1/2024) malam kemarin.

"Ya enggak apa-apa itu kan diskusi yang cukup dinamis maka publik pasti akan menilai, satu substansinya, dua pasti cara menyampaikan, tiga gestur, begitu ya," kata Ganjar di Lampung Selatan, Senin (22/1/2024).

Namun, Ganjar mengingatkan agar semua kandidat hendaknya tidak bersikap jumawa saat tampil di atas panggung debat.

Menurut Ganjar, pesan itu yang ingin ia sampaikan ketika ia menulis, "Ojo Adigang, Adigung, Adiguna" di akun X milikmya, tadi malam.

"Kalau suasana politik seperti ini jangan merasa jumawa, jangan merasa paling hebat, jangan merasa dirinya lebih menguasai gitu. Itu untuk semua, jangan tersinggung kalau ada yang nge-tweet gitu dan jangan baperan," kata dia.

Lebih lanjut, Ganjar berharap agar acara debat benar-benar diwarnai oleh silang pendapat di anrara kandidat, bukan sekadar tanya jawab, supaya publik semakin yakin dalam menentukan pilihan.

"Saya masih merindukan suasana debat bukan suasana tanya jawab, sehingga orang bisa langsung memotong pembicaraan pada sesuatu yang mungkin tidak jelas, apakah klarifikasi diksi, apakah kemudian substansi, apakah kemudian konsepsi, maka publik akan makin yakin," kata dia.

Seperti diketahui, Gibran kini menjadi perbincangan publik atas aksinya di atas panggung debat malam kemarin.

Salah satu yang mendapat sorotan adalah gestur Gibran celingak-celinguk ketika ingin merespons jawaban dari Mahfud MD.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu merasa pernyataan Mahfud tidak menjawab pertanyaan soal "Greenflation" yang ia ajukan.

"Saya lagi nyari jawabannya Prof Mahfud. Saya nyari-nyari di mana ini jawabannya. Kok enggak ketemu jawabannya. Saya tanya masalah inflasi hijau kok malah jelaskan ekonomi hijau. Prof Mahfud, yang namanya greenflation atau inflasi hijau itu ya kita kasih contoh yang simpel saja," kata Gibran.

"Demo rompi kuning di Perancis. Bahaya sekali. Sudah memakan korban. Nah ini harus kita antisipasi. Jangan sampai terjadi di Indonesia. Kita belajar dari negara maju. Negara maju saja masih ada tantangan-tantangannya," ujarnya lagi.

Editor: Ardito Ramadhan

Tag:  #respons #gimik #gibran #debat #cawapres #ganjar #publik #akan #menilai

KOMENTAR