Horor! Liburan Berubah Jadi 'Neraka' di Jalur Puncak
Jalur Puncak Bogor di Simpang Gadok mengalami kepadatan pada Sabtu (1/5/2024). [ANTARA/M Fikri Setia]
08:12
16 September 2024

Horor! Liburan Berubah Jadi 'Neraka' di Jalur Puncak

Kemacetan parah terjadi di jalur wisata Puncak Bogor, Jawa Barat, dari sore hingga malam, Minggu (15/9/2024).

Bahkan, salah satu wisatawan kepada Suara.com mengatakan kemacetan parah terjadi hingga menyebabkan kendaraan tidak bergerak selama beberapa jam.

Hardi wisatawan yang tengah berlibur ke kawasan Puncak Bogor mengatakan, dirinya mengalami kendala macet saat pulang dari arah Cisarua menuju Bogor.

Menurut dia, saat berangkat pada pagi sekitar pukul 06.00 WIB kondisi kemacetan di Puncak tidak terlalu parah.

Baca Juga: Janji Manis Bang Doel, Ini Yang Bakal Dilakukan Jika Terpilih Jadi Wagub Jakarta

Namun saat akan kembali ke Bogor Kota dirinya terjebak macet yang cukup parah.

"Niat mau liburan malah terjebak di kemacetan horor bak neraka," katanya.

Sekedar informasi, Satlantas Kepolisian Resort Cianjur, Jawa Barat, mengarahkan pengendara dengan tujuan Jabodetabek dari Cianjur untuk menghindari jalur Puncak saat akhir libur panjang tepatnya pada Senin (16/9) karena hingga Minggu petang antrean kendaraan terlihat terus memanjang.

Kasatlantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana memprediksi volume kendaraan akan terus meningkat hingga Senin petang, setelah libur panjang usai dan wisatawan atau pendatang akan kembali ke daerah asalnya masing-masih setelah menghabiskan liburan.

"Kami akan mengarahkan pengendara ke jalur alternatif Jonggol atau Sukabumi guna menghindari macet total di jalur Puncak saat libur panjang usai pada Senin, diprediksi kepadatan arus akan terjadi sejak pagi hingga Senin malam," katanya.

Baca Juga: Bobon Santoso Akui Punya Kontrak Kerja dengan Gibran, Kaesang: Mau Kudeta Pak Prabowo?

Dia menjelaskan volume kendaraan yang masuk ke kawasan Puncak-Cianjur cukup tinggi sejak Sabtu (14/9) pagi dengan tujuan objek wisata dan hotel yang banyak terdapat di sepanjang jalur Puncak hingga Cipanas.

Sejak Minggu pagi arus lalu lintas di kawasan Puncak sudah mengalami antrean kendaraan dari kedua arah yang didominasi kendaraan bernopol Jabodetabek, hingga Minggu siang tingginya volume kendaraan yang melintas menyebabkan antrean memanjang di titik rawan macet seperti pertigaan Hanjawar dan Cibodas.

"Tingginya volume kendaraan terlihat di halaman parkir hotel dan restoran di sepanjang jalur Puncak hingga Cipanas yang cukup padat bahkan penuh, dan diprediksi pendatang akan pulang pada Senin saat libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW," katanya.

Editor: Andi Ahmad S

Tag:  #horor #liburan #berubah #jadi #neraka #jalur #puncak

KOMENTAR