Nawawi Tak Ingin Pansel Hanya Pilih Capim KPK dari Unsur Pemerintah, Tapi Lupa dari Unsur Masyarakat
Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta. (Muhammad Ridwan/JawaPos.com)
23:32
15 September 2024

Nawawi Tak Ingin Pansel Hanya Pilih Capim KPK dari Unsur Pemerintah, Tapi Lupa dari Unsur Masyarakat

    Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango mengingatkan panitia seleksi (Pansel) tidak memilih pimpinan KPK ke depan dari unsur pemerintah. Tetapi juga harus ada dari unsur masyarakat.  

  Hal itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 43 Ayat 3 yang menyatakan bahwa Pimpinan KPK terdiri dari unsur pemerintah dan masyarakat.    "Jangan sampai pansel memilih orang orang pemerintahan semua, tanpa ada unsur masyarakat," kata Nawawi kepada wartawan, Minggu (15/9).   Nawawi mengingatkan agar Pansel dapat seksama membaca aturan tersebut. Sehingga ke depan, tidak seluruhnya pimpinan KPK berasal dari unsur pemerintah.   Meski memang, tidak disebutkan secara rinci berapa banyak unsur pemerintah dan masyarakat untuk mengisi posisi Pimpinan KPK. Meskipun tidak disebutkan berapa banyak unsur pemerintah berapa banyak unsur masyarakat.    "Pasal ini penting untuk komposisi siapa capim nanti yang akan terpilih itu harus ada unsur pemerintah dan masyarakat," tegas Nawawi.   Adapun, Pansel telah meloloskan 20 capim KPK setelah menjalani tes profile assessment. Mereka yang lolos akan menjalani tes wawancara dan tes kesehatan jasmani rohani, yang akan diselenggarakan pada 17-18 September 2024. Berikut 20 nama capim KPK yang lulus tahapan profile assessment:    1. Agus Joko Pramono 2. Ahmad Alamsyah Saragih 3. Didik Agung Widjanarko 4. Djoko Poerwanto 5. Fitroh Rohcahyanto 6. Harli Siregar 7. I Nyoman Wara 8. Ibnu Basuki Widodo 9. Ida Budhiati 10. Johan Budi Sapto Pribowo 11. Johanis Tanak 12. Michael Rolandi Cesnanta Brata 13. Muhammad Yusuf 14. Pahala Nainggolan 15. Poengky Indarti 16. Sang Made Mahendrajaya 17. Setyo Budiyanto 18. Sugeng Purnomo 19. Wawan Wardiana 20. Yanuar Nugroho. (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #nawawi #ingin #pansel #hanya #pilih #capim #dari #unsur #pemerintah #tapi #lupa #dari #unsur #masyarakat

KOMENTAR