KSAL: TNI AL Bangun Kekuatan Kapal Selam Agar Semakin Disegani di Kawasan
KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali memimpin Upacara Militer dalam peringatan HUT ke-65 Korps Hiu Kencana. (Dispenal)
09:56
15 September 2024

KSAL: TNI AL Bangun Kekuatan Kapal Selam Agar Semakin Disegani di Kawasan

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan komitmennya untuk terus memperkuat Angkatan Laut. Dia ingin TNI AL memiliki armada kapal selam yang tangguh dan kuat. Karena itu, Ali akan terus membangun kekuatan kapal selam TNI AL. Tujuannya agar Angkatan Laut semakin disegani di kawasan. 

Keterangan tersebut ditegaskan oleh Ali di hadapan seluruh pengawak kapal selam Satuan Kapal Selam Komando Armada (Koarmada) II, Surabaya, Jawa Timur.

”Untuk menghadapi berbagai tantangan strategis yang semakin dinamis, kompleks, dan penuh ketidakpastian, TNI AL terus berupaya membangun kekuatan kapal selam kita menjadi kekuatan yang disegani di kawasan,” terang Ali. 

Menurut Ali, peringatan hari jadi Satuan Kapal Selam atau Korps Hiu Kencana ke-65 pada Kamis (12/9) menjadi momentum penting untuk menentukan proyeksi kekuatan korps tersebut di masa yang akan datang. Sebagai orang nomor satu di TNI AL yang dijuluki The Submariner, Ali memastikan bahwa dirinya akan memerhatikan setiap aspek yang dibutuhkan oleh Korps Hiu Kencana.

TNI AL, kata Laksamana Ali, harus membangun sistem pendidikan dan latihan yang lebih baik dan komprehensif untuk menghasilkan prajurit pengawak kapal selam yang unggul, baik di level teknis, taktis, maupun operasional. ”Saya juga menuntut agar setiap personel Hiu Kencana selalu meningkatkan kualitas diri secara mandiri, melipatgandakan etos kerja, dan menjadi teladan di mana pun berada,” tegas dia. 

Secara terbuka, Ali sudah menyampaikan bahwa TNI AL ingin mengembalikan kekuatan Satuan Kapal Selam dengan menambah jumlah armada mereka sampai 12 unit.

”Target 12 armada kapal selam untuk mendukung visi Indonesia Emas 2045 adalah suatu keniscayaan,” ucap Ali. Target itu harus terwujud mengingat jumlah kapal selam yang dimiliki TNI AL saat ini belum ideal.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #ksal #bangun #kekuatan #kapal #selam #agar #semakin #disegani #kawasan

KOMENTAR