Cara Mudah Belajar Bahasa Korea, Siap Bekerja di Negeri Ginseng!
Belajar bahasa Korea. (Foto: domandhyo.com)
22:16
12 September 2024

Cara Mudah Belajar Bahasa Korea, Siap Bekerja di Negeri Ginseng!

- Saat ini Korea Selatan menjadi salah satu negara yang digandrungi banyak orang, terutama anak muda. Korea Selatan begitu kreatif dalam menciptakan gelombang industri kehidupan menjadi salah satu alasan negeri ginseng itu menjadi negara impian.

Industri hiburan, makanan, budaya, gaya hidup, pendidikan, pariwisata, hingga bahasanya pun berhasil memikat perhatian banyak orang. Tidak hanya itu, sudah mulai banyak juga institusi pendidikan, baik formal maupun nonformal yang menyelenggarakan program belajar bahasa Korea.

Banyak masyarakat Indonesia yang berlomba-lomba mempersiapkan dirinya untuk dapat melanjutkan pendidikan atau bahkan bekerja di negeri ginseng itu. Salah satu pondasi penting untuk memulai hidup di luar negeri adalah dengan mempelajari bahasanya.

Bahasa bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari. Butuh konsisten dan komitmen yang kuat agar dapat menguasai bahasa tersebut, termasuk mempelajari bahasa Korea.

Bahasa Korea bukanlah bahasa yang menggunakan abjad alphabet, melainkan 한글 (Han-geul), dan tentu saja penulisannya berbeda dengan bahasa Indonesia yang menggunakan abjad A, B, C, dst.

Berikut cara mudah untuk mempelajari bahasa Korea!

1. Berlatih Menulis Han-Geul dan Turunannya

(Foto: pin.it)

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, abjad yang digunakan pada bahasa Korea jauh berbeda dengan abjad yang digunakan pada bahasa Indonesia.

Abjad yang digunakan pada bahasa Korea disebut 한글 (Han-geul). Hangeul memiliki beberapa pecahan, yaitu vokal, konsonan, dan ganda.

Bagi kamu yang ingin mempelajari bahasa Korea dari nol, mulailah dari belajar menulis, memahami, dan mendemokan hangeul.

2. Hafal dan Praktikkan Penggunaan Kosa Kata Dasar

Kosa kata dasar bahasa Korea. (Foto: docsity.com)

Jika sudah mengenal dan terbiasa dengan hangeul, maka tahap selanjutnya adalah menghafal kosa kata sedikit demi sedikit.

Kamu bisa membuat target hafalan kosa kata untuk per harinya, misalkan per hari kamu wajib menghafal 10 kosa kata, dan kuantitasnya wajib ditambah seiring berjalannya waktu.

Tak hanya itu, biasakan untuk membawa kosa kata tersebut di kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan agar kata-kata yang sudah kamu hafalkan tetap melekat di ingatanmu.

3. Pelajari Tata Bahasa Dasar

Tata Bahasa Dasar. (Foto: blog.lingodeer.com)


Sumber foto: blog.lingodeer.com/korean-grammar

Setelah memahami hangeul dan menghafal kosa kata, tahap selanjutnya adalah mempelajari tata bahasa.

Tidak perlu terburu-buru dalam mempelajari tata bahasa, sebab tata bahasa antara bahasa Korea dan Indonesia memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Bahasa Korea memiliki tata bahasa yang cukup banyak jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, kamu bisa pelajari tata bahasa yang paling dasar terlebih dahulu.

4. Berlatih dengan Menonton Drama dan Reality Show Korea

Berlatih dengan Menonton Drama dan Reality Show Korea. (Allkpop.com)

Jika sudah terbiasa dalam menggunakan hangeul, kosa kata, dan beberapa tata bahasa dasar, selanjutnya kamu bisa melatih kemampuanmu dengan cara menonton drama atau reality show korea.

Beberapa percakapan yang ada pada drama tentunya sudah ditulis dalam naskah dengan menggunakan diksi-diksi yang cenderung jarang digunakan di kehidupan sehari-hari.

Sedangkan percakapan yang ada pada reality show merupakan refleks yang realistis. Artinya, kamu bisa lebih mengetahui bagaimana native berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari tanpa harus bergantung pada naskah.

Setelah menonton drama atau reality show, kamu bisa mencatat kosa kata dan tata bahasa yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya, dengan begitu koleksi kosa kata dan tata bahasa yang kamu miliki makin beragam.

5. Berlatih Langsung dengan Native Speaker

Berlatih Langsung dengan Native Speaker. (Foto: 90daykorean.com)
Salah satu cara terampuh yang bisa kamu coba untuk melatih kemampuanmu dalam menggunakan bahasa Korea adalah dengan berteman dengan native speaker atau orang Korea asli.

Banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk bisa berteman dengan native speaker, beberapa di antaranya adalah mengikuti pertukaran pelajar, menghadiri event bahasa Korea, bergabung dalam komunitas, berlibur langsung ke Korea, dan masih banyak lagi cara yang bisa kamu coba.

Lima cara di atas merupakan beberapa cara terumum bagi pemula yang ingin belajar bahasa Korea, tentunya masih banyak cara lain yang bisa dicoba, mungkin bisa dengan mengambil jurusan Bahasa Korea atau mengikuti kelas tambahan khusus.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #cara #mudah #belajar #bahasa #korea #siap #bekerja #negeri #ginseng

KOMENTAR