Jokowi Berkantor di IKN Mulai Hari Ini: Mutar ke Daerah hingga Gelar Sidang Kabinet Terakhir
Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kalimantan Timur (Kaltim), pada Kamis 12/9/2024). Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB. 
08:31
12 September 2024

Jokowi Berkantor di IKN Mulai Hari Ini: Mutar ke Daerah hingga Gelar Sidang Kabinet Terakhir

Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kalimantan Timur (Kaltim), pada Kamis 12/9/2024). Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Presiden akan langsung menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

"Hari ini, Presiden Jokowi akan kembali berkantor di IKN. Presiden diagendakan untuk melakukan pertemuan dan memberikan pengarahan kepada para pejabat TNI dan Polri Tahun 2024 yang akan digelar di Ruang Nusantara, Istana Negara, IKN," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Kalimantan Timur adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana.

Sementara itu, tampak melepas keberangkatan Presiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta adalah Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Pangdam Jaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, serta Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto Nugroho Utomo.

Agenda Jokowi di IKN

Presiden Jokowi menjelaskan soal dirinya yang akan berkantor di IKN hingga 19 Oktober 2024.

Jokowi menyebut, selama di IKN tidak hanya berdiam diri di Nusantara, tetapi akan melakukan lawatan ke sejumlah daerah.

"Saya muter ke daerah tapi mungkin berangkatnya dari IKN begitu," kata Jokowi usai tinjau Pasar Tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Selasa (10/9/2024).

Apabila bandara baru di IKN telah rampung dan bisa digunakan maka ia akan bertolak dari bandara baru tersebut. Namun apabila belum maka ia akan terbang dari Balikpapan.

"Ya nanti kita lihat kondisinya kalau bisa terbang ya dari bandara baru kalau ndak ya dari Balikpapan," katanya.

Saat di IKN, Jokowi akan rapat dengan sejumlah menteri dan bertemu dengan tamu termasuk para investor IKN.

"Ya rapat dengan menteri, menerima tamu tamu seperti biasanya dan juga menemui beberapa investor yang masuk," katanya.

Sidang Kabinet Paripurna Terakhir

Menteri Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, Presiden Jokowi akan menggelar sidang kabinet paripurna di IKN pada Jumat (13/9/2024).

Sidang kabinet itu, dikatakan Pramono, akan menjadi sidang kabinet terakhir pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

Pramono mengatakan bahwa dirinya tengah mempersiapkan sidang kabinet tersebut.

"Kenapa saya harus mempersiapkan karena saya sekretaris kabinet. Nanti pada Jumat pagi ada sidang kabinet mungkin sidang kabinet yang terakhir, sidang kabinet paripurna yang dihadiri seluruh menteri dan kepala lembaga," pungkasnya.

Groundbreaking Sejumlah Proyek di IKN

Basuki mengungkap bahwa proses peletakan batu pertama (groundbreaking) akan kembali dilakukan di Nusantara.

Groundbreaking kedelapan ini diharapkan bisa terlaksana pada pekan depan.

Momen groundbreaking ini pun bertepatan dengan Presiden Jokowi yang akan mulai berkantor di IKN pada pekan ini.

"Ada groundbreaking yang akan kita siapkan. Mudah-mudahan (pekan depan). Pokoknya sama beliau (Jokowi) di sana," kata Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Informasi mengenai groundbreaking kedelapan ini sebelumnya juga telah diungkap oleh Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Ia mengatakan, ada enam hingga sembilan perusahaan yang akan melakukan groundbreaking.

"Enam sampai delapan (perusahaan), dua di antaranya asing," kata Raja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Saat groundbreaking ketujuh pada Agustus 2024, ada beberapa perusahaan dalam negeri yang terlibat.

Ada PT Intiland Development Tbk (Intiland; DILD) melalui PT Inti Kolaborasi Nusantara dan PT Adiwarna Harapan Nusantara yang membangun kawasan mix use dengan investasi sebesar Rp 2,6 triliun.

Lalu, PT Bank Central Asia (BCA) Tbk yang membangun kantor mereka di Nusantara dengan investasi sebesar Rp 75 miliar.

Berikutnya, PT Hotel Papua Internasional yang akan membangun Swiss-belhotel Nusantara dengan investasi sebesar Rp 300 miliar.

Terakhir, Royal Golden Eagle (RGE) Group yang akan membangun Nusantara International Convention Center and Hotel dengan investasi sebesar Rp 2 triliun.

Awalnya Berkantor di IKN Sejak 10 September

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyampaikan Presiden Jokowi akan berkantor dari 10 September hingga 19 Oktober 2024.

"Rencana beliau berkantor itu sampai tanggal 19 (Oktober) kemungkinan dari tanggal 10 (September) sampai 19 (Oktober) dan ada beberapa di sela sela itu kegiatna rapat dan lain lain, termasuk mungkin kunjungan kerja dari IKN ke kota lainnya," kata Heru, Jumat, (6/9/2024).

Bila benar dilakukan, maka berkantornya Jokowi di IKN nanti termasuk yang terlama selama menjabat.

Jokowi akan berkantor di IKN selama kurang lebih  40 harian.

"Ya kalau sampai tanggal 19 Oktober berarti 40 harian," katanya.

Editor: Erik S

Tag:  #jokowi #berkantor #mulai #hari #mutar #daerah #hingga #gelar #sidang #kabinet #terakhir

KOMENTAR