KSAD Optimistis Pembahasan Angkatan Siber Berlanjut di Era Prabowo
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Mabes TNI AD, Jakarta, Senin (22/7). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
16:56
11 September 2024

KSAD Optimistis Pembahasan Angkatan Siber Berlanjut di Era Prabowo

Wacana pembentukan Angkatan Siber terus bergulir. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan bahwa saat ini ancaman siber sudah menjadi ancaman global sehingga perlu disikapi oleh pemerintah.

Karena itu, dia yakin di masa kepemimpinan Prabowo Subianto, pembahasan Angkatan Siber bakal berlanjut. 

Keterangan itu disampaikan oleh Maruli di Komplek Parlemen pada Rabu (11/9). ”Sudah pasti lah itu, karena hampir semua negara di dunia sudah membuat tim-tim yang seperti itu,” kata Maruli. Dia menyatakan bahwa ancaman siber saat ini sudah menjadi persoalan global.

”Sekarang sudah terbukti beberapa permasalahan tentang data-data kita segala macam itu,” tambah dia.

Untuk itu, Maruli menyampaikan bahwa ancaman tersebut harus diantisipasi. ”Kami akan telusuri supaya bisa punya organisasi yang baik untuk bisa memfungsikan, mengantisipasi perkembangan siber,” terang dia.

Orang nomor satu di TNI AD itu mengakui bahwa keberadaan Angkatan Siber akan berpengaruh terhadap kondisi keamanan di ranah sipil maupun militer.

Karena itu, Maruli menyampaikan bahwa Angkatan Siberi juga perlu dibahas bersama. Bukan hanya TNI, melainkan juga dengan Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). ”Mungkin perlu duduk bersama. Nanti mungkin apa perlu dibagi tugasnya atau siapa yang bertanggung jawab nanti kita bisa,” tambah dia.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #ksad #optimistis #pembahasan #angkatan #siber #berlanjut #prabowo

KOMENTAR