Panglima TNI Ingatkan Seluruh Personel TNI AL untuk Netral dalam Pilkada Serentak
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memberikan sambutan dalam peringatan HUT ke-79 TNI AL pada Selasa (10/9). (Dispenal)
20:08
10 September 2024

Panglima TNI Ingatkan Seluruh Personel TNI AL untuk Netral dalam Pilkada Serentak

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengingatkan seluruh prajurit Angkatan Laut untuk netral. Pesan itu dia sampaikan saat memimpin upacara peringatan HUT ke-79 TNI AL di Perairan Teluk Jakarta pada Selasa (10/9).

Orang nomor satu di TNI itu menyampaikan kembali pesan tersebut lantaran tahun ini merupakan tahun politik. Dalam waktu dekat, bakal diselenggarakan pilkada serentak di seluruh wilayah Indonesia. 

Karena itu, Agus menyatakan bahwa dirinya tidak akan bosan dan lelah mengingatkan para prajurit TNI, termasuk personel Angkatan Laut. ”Berkaitan tahun 2024 ini yang merupakan tahun politik menuju pemilihan kepala daerah serentak bulan November nanti, tidak bosan-bosan saya mengingatkan kembali kepada segenap prajurit TNI Angkatan Laut untuk menjaga komitmen netralitas TNI,” kata panglima TNI. 

Dengan tegas Agus menyatakan bahwa netralitas TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia. Kehendak itu sudah tertuang dalam aturan dan jelas disebut pada Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. ”Bahwa TNI tidak berpolitik praktis. Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI secara tegas tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis,” ucap mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut.

Agus mengingatkan agar seluruh prajurit TNI AL tidak melanggar komitmen terhadap netralitas tersebut. Dia juga berpesan supaya para prajurit Angkatan Laut terus bersinergi dengan Polri dan seluruh komponen bangsa. Sebab, tantangan dalam pelaksanaan pilkada serentak juga tidak mudah. Dalam hal ini, TNI juga diberi tugas untuk membantu Polri dalam pengamanan pelaksanaan pilkada serentak 2024. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #panglima #ingatkan #seluruh #personel #untuk #netral #dalam #pilkada #serentak

KOMENTAR