Profil Wahyu Suparyono, Eks Dirut ASABRI yang Baru Ditunjuk Erick Thohir jadi Bos Perum Bulog
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan pergantian Direksi Perum Bulog dan menetapkan Wahyu Suparyono sebagai Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog. (ANTARA/HO-Bulog)
10:40
10 September 2024

Profil Wahyu Suparyono, Eks Dirut ASABRI yang Baru Ditunjuk Erick Thohir jadi Bos Perum Bulog

- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir secara resmi mencopot Bayu Krisnamurthi dari jabatan Direktur Utama Perum Bulog. Sebagai gantinya, Wahyu Suparyono ditunjuk sebagai Direktur Utama Perum Bulog.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-73/DHK.MBU.A/09/2024. Tak hanya Bayu Krisnamurthi, Erick juga mencopot Purnomo Sinar Hadi sebagai Direktur Human Capital Perum Bulog.

“Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi bersama Purnomo Sinar Hadi sebagai Direktur Human Capital telah menyelesaikan pengabdiannya di Perum Bulog," kata Sekretaris Perusahaan A Widiarso dalam keterangannya di Jakarta, Senin (9/9).

Lantas, siapa sosok Wahyu Suparyono? Wahyu Suparyono ternyata bukan sosok baru di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Perum Bulog, Wahyu pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ASABRI (Persero).

Untuk diketahui, ASABRI merupakan BUMN yang berfokus pada pembayaran manfaat asuransi dan pensiun untuk TNI, Polri serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Pertahanan dan Polri.

Wahyu sebelumnya diangkat sebagai Dirut ASABRI pada 5 Agustus 2020, menggantikan Sonny Widjaja yang telah menjabat sejak 2016.

Pria kelahiran Magelang pada 17 Oktober ini merupakan lulusan Sarjana Akuntansi dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada 1990. Kemudian, Wahyu menempuh S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI pada 1997 dan meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Manajemen dari Universitas Brawijaya pada 2014.

Kariernya terbilang moncer di BUMN, pasalnya ia juga pernah menjabat sebagai Dirut PT Perusahaan Perdagangan Indonesia atau PII (Persero) yang merupakan perusahaan pelat merah sektor pangan dan perdagangan pada 16 Juni 2014 sampai dengan Juni 2015. Sedangkan pada 14 Desember 2017 sampai dengan 17 Juli 2020 ia menduduki posisi sebagai Direktur Utama PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero).

Bahkan, Wahyu juga bukanlah orang baru di Perum Bulog. Sebabnya, ia sempat menjabat sebagai Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog terhitung sejak 8 Juni 2015 sampai dengan 31 Juli 2016.

Kemudian, ia juga pernah menduduki posisi sebagai Komisaris Utama PT Jasa Prima Logistik (JPL) Bulog 8 Desember 2015-6 Juni 2018. Selanjutnya, per 1 Agustus 2016 hingga 27 November 2017 Wahyu sempat menjabat sebagai Direktur SDM dan Umum Perum Bulog.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #profil #wahyu #suparyono #dirut #asabri #yang #baru #ditunjuk #erick #thohir #jadi #perum #bulog

KOMENTAR