Pramono Ungkap Dirinya Tak Lagi Menjabat Menseskab pada 22 September 2024
Bakal Cagub dan Cawagub Jakarta, Pramono Anung dan Rano Karno tiba untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, Jumat (30/08/2024). (Hanung Hambara/Jawa Pos)
15:56
9 September 2024

Pramono Ungkap Dirinya Tak Lagi Menjabat Menseskab pada 22 September 2024

  - Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung mengaku dirinya sudah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat pengunduran diri itu diserahkan setelah dirinya mencalonkan diri sebagai bakal calon gubernur (cagub) Jakarta 2024.   Pramono menyatakan, dirinya tidak akan lagi bertugas sebagai Menseskab, pada 22 September 2024. Setelah adanya penetapan pasangan cagub-cawagub Jakarta dari KPU Jakarta.   "Jadi saya sudah menyampaikan, sudah mengajukan diri sejak beberapa waktu yang lalu. Saya menyampaik kepada bapak presiden, lisan maupun surat initinya sampai dengan Selasa 22 September setelah penetapan," kata Pramono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9).  

  Pramono menyatakan, dirinya tidak bisa langsung mundur dari jabatan Menseskab. Sebab, harus mempersiapkan segala kebutuhan Presiden Jokowi.   "Kenapa saya tidak bisa langsung mundur? Karena memang Setneg, Setkab itu melengkapi presiden, bahkan besok hari Kamis pun saya harus mempersiapkan sidang kabinet paripurna terakhir di IKN," ungkap Pramono.   Karena itu, Pramono menyatakan setelah adanya penetapan cagub-cawagub Jakarta, Pramono yang berpasangan dengan Rano Karno akan fokus pada pemenangan Pilkada Jakarta 2024.   "Sehingga demikian mudah-mudahan tanggal 22, saya bisa dan setelah penetapan bisa penuh untuk melakukan tugas sosialisasi sebagai calon gubernur," tegas Pramono.    Lebih lanjut, Pramono menyerahkan sepenuhnya pengganti dirinya terkait Menseskab kepada Presiden Jokowi. Ia menekankan, posisi kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.   "Ya ini merupakan hak prerogatif presiden. Tentunya presiden bisa mengangkat siapa saja, karena waktu tinggal sebentar, enggak lebih dari satu bulan kan, dari 22 September ke 20 Oktober. Karena ini hak prerogatif presiden, saya sepenuhnya menyerahkan kepada presiden," pungkas Pramono.  

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #pramono #ungkap #dirinya #lagi #menjabat #menseskab #pada #september #2024

KOMENTAR