Helldy-Alawi Punya Kans Menang di Pilkada Cilegon 2024, Pengamat Beberkan Hal Ini
Pengamat politik UIN SMH Banten, Syaeful Bahri. [Istimewa]
13:24
9 September 2024

Helldy-Alawi Punya Kans Menang di Pilkada Cilegon 2024, Pengamat Beberkan Hal Ini

Pasangan Calon Wali Kota Cilegon Incumbent, Helldy Agustian dan Alawi Mahmud (Helldy-Alawi) disebut-sebut mempunyai kans menang lebih besar ketimbang dua Bakal Calon Wali Kota Cilegon lainnya.

Selain Helldy Agustian - Alawi Mahmud, terdapat juga paslon Robinsar - Fajar Hadi Prabowo serta Isro Mi'raj - Nurrotul Uyun.

Sebagai incumbent, pasangan Helldy-Alawi tetap memiliki peluang besar untuk kembali menang di Pilkada Cilegon 2024. Bukan tanpa alasan, Pengamat Politik UIN SMH Banten, Syaeful Bahri menyinggung soal elektabilitas Helldy Agustian yang masih unggul dibanding pesaingnya.

"Incumbent punya kans kemenangan lebih besar, secara di atas kertas itu incumbent selalu punya sejarah menang, dan keuntungan lainnya adalah Helldy kader partai dari presiden terpilih. Nah ini yang ngeri-ngeri sedap," kata Syaeful Bahri, Senin (9/9/2024).

Baca Juga: Lurah di Cilegon Bagi-bagi Kaos dan Pasang Spanduk Bacalon Wali Kota Dilaporkan

Menurut Syaeful Bahri, tidak mungkin Presiden Terpilih, Prabowo Subianto membiarkan kepala daerah dari Partai Gerindra yang kembali mencalonkan diri kalah.

Paslon Helldy Agustian dan Alawi Mahmud mengendarai vespa ke Kantor KPU Kota Cilegon, Rabu (29/8/2024). [Istimewa]Paslon Helldy Agustian dan Alawi Mahmud mengendarai vespa ke Kantor KPU Kota Cilegon, Rabu (29/8/2024). [Istimewa]

"Karena ga mungkin presiden terpilih membiarkan kadernya kalah, pasti akan berjuang keras. Di sini serunya Pilkada Kota Cilegon," papar mantan Ketua Bawaslu Kota Cilegon itu.

Mantan Ketua KPU Kota Cilegon dua periode itu juga menyinggung soal adanya tiga paslon di Pilkada Kota Cilegon. Hal itu tentu menjadi keuntungan lain bagi pasangan Helldy-Alawi lantaran akan menjadi berbahaya bila harus head-to-head dengan pasangan Robinsar-Fajar.

"Untungnya di Cilegon ini ada 3 paslon. Seandainya 2 paslon, ini bisa sangat terancam incumbent, bahkan kemungkinan bisa kalah kalau head-to-head. Dan incumbent diuntungkan karena 3 paslon," tandasnya.

Baca Juga: Rizki Khairul Ichwan dan Sokhidin Jadi Pimpinan Sementara DPRD Kota Cilegon

Editor: Hairul Alwan

Tag:  #helldy #alawi #punya #kans #menang #pilkada #cilegon #2024 #pengamat #beberkan

KOMENTAR