Pamer Program di Debat Keempat, Mahfud Sentil Food Estate: Gagal dan Merusak, Yang Bener Aja Rugi Dong!
Mahfud MD dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). [Youtube KPU RI]
20:20
21 Januari 2024

Pamer Program di Debat Keempat, Mahfud Sentil Food Estate: Gagal dan Merusak, Yang Bener Aja Rugi Dong!

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD menyoroti program kedaulatan pangan atau Food Estate yang digarap Prabowo Subianto di era pemerintahan Jokowi.

Pernyataan itu disampaikan Mahfud dalam penyampaian visi misinya di dalam Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Awalnya, Mahfud menyampaikan bahwa selama menjabat sebagai Ketua MK pada 2011 dirinya pernah memvonis putusan soal sumber daya alam harus memihak kepada rakyat. Namun, hal itu tak dilakukan masyarakat hari ini.

"Saya membuat vonis tanggal 16 juni bahwa sumber alam itu untuk memihak rakyat ukurannya ada 4, 1 pemanfaatan 2 pemerataan 3 partisipasi masyarakat dan kemudian juga penghormatan yang terhadap hak-hak yang diwariskan secara leluhur kita," kata Mahfud.

Meurutnya, dirinya bersama Ganjar akan melaksanakan adanya amanat konstitusi tersebut.

"Kami akan gunakan empat tolok ukur itu, tetapi saya tudak melihat pemerintah melakukan langkah-langkah apa sih yang diperlukan ini untuk menjaga kelestarian lingkungan alam kita," tuturnya.

Ia lantas menjabar program-program yang akan dilaksanakannya dalam menjalankan amanat konstitusi tersebut.

Mahfud kemudian menyinggung program Food Estate yang dinilainya gagal dilakukan.

"Maka kami punya program petani bangga bertani laut jaya nelayan sejahtera jangan misalnya seperti food estate yang gagal dan merusak lingkungan yang bener aja rugi dong kita," katanya.

Debat Keempat Pilpres 2024

Debat keempat Pilpres 2024 digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024) mulai pukul 19.00 WIB. Dalam debat ini kembali mempertemukan tiga cawapres, yakni Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema yang diangkat dalam debat yakni pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Berbeda dari sebelumnya, debat kali ini akan dikawal oleh dua moderator perempuan yakni Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV. Tayangan debat berlangsung selama 120 menit dibagi dalam enam segmen yang sudah disusun untuk debat.

Sebelum digelarnya debat, 11 panelis sudah diputuskan untuk merumuskan pertanyaan yang bakal dipilih secara acak untuk dijawab oleh Cak Imin, Gibran dan Mahfud MD.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #pamer #program #debat #keempat #mahfud #sentil #food #estate #gagal #merusak #yang #bener #rugi #dong

KOMENTAR