Tak Ada Nama Anies Di Daftar Cagub PDIP Hari Ini, Ada Apa?
Airin Rachmi Diany (kiri) langsung memberikan salam metal usai secara resmi diusung PDI Perjuangan sebagai bakal calon gubernur Banten 2024.
15:48
26 Agustus 2024

Tak Ada Nama Anies Di Daftar Cagub PDIP Hari Ini, Ada Apa?

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan sejumlah nama bakal calon tahap ketiga yang diusung di Pilkada 2024 hari ini, Senin (26/8/2024). Sebelum pengumuman, nama Anies Baswedan digadang-gadang bakal diumumkan sebagai bakal cagub di Pilkada Jakarta.

Namun hingga pengumuman selesai hingga pidato dari Megawati Soekarnoputri, tak ada nama Anies disebut. Bahkan sosok Anies Baswedan juga terpantau tak terlihat di deretan tokoh yang menghadiri acara yang digelar di Kantor DPP PDIP, Jakarta itu.

Pengumuman ini dibacakan oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Pada pengumuman ini, ada sebanyak 60 calon kepala daerah diumumkan dalam pengumuman gelombang ketiga PDIP.

Jumlah itu terdiri dari 6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur dan 38 bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati serta 16 bakal calon wali kota dan bakal calon wakil wali kota.

Baca Juga: Nggak Nurut Out! Megawati: Mau Ikut Jadi PDIP atau Mau Dompleng Aja?

Berikut 6 bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur yang resmi diusung PDIP sebagaimana diumumkan hari ini:

  1. Sulawesi Utara, Steven Kandouw - Letjen TNI (Purn) Alfred Denny Djoike Tuejeh
  2. Banten, Airin Rachmi Diany - Ade Sumardi
  3. Jawa Tengah, Andika Perkasa - Hendrar Prihadi 4. Gorontalo, Hamzah Isa - Abdurrahman Abubakar Bahmid
  4. Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanis Fransiskus Lema - Jane Natalia Suryanto
  5. Kalimantan Utara, Andi Sulaiman - Andri Partono

Dalam pengumuman ini ada tiga provinsi yang belum diumumkan calon yang diusung PDIP. Selain DKI Jakarta ada Jawa Timur dan Jawa Barat.

Khusus untuk Jakarta, sebelum pengumuman, santer dikabarkan duet Anies Baswedan dan Rano Karno akan diumumkan PDIP sebagai bacagub dan bacawagub di Pilkada Jakarta.

Diumumkan terpisah

Juru Bicara PDI Perjuangan Chico Hakim kepada , menegaskan pengumuman bakal calon gubernur dan bakal calon gubernur DKI Jakarta belum dilakukan hari ini.

Baca Juga: Anies Cerita Kronologi 'Tikung' Jokowi Pegang Tongkat Diponegoro, Konon Pemegangnya Bisa...

Karenanya, wajar bila nama Anies Baswedan juga belum dipastikan oleh Ketua Umum Megawati, apakah akan diusung menjadi bacalon gubernur DKI Jakarta atau tidak.

"Memang belum diumumkan hari ini," kata Chico Hakim.

Dia menjelaskan, penetapan pasangan calon yang akan berlaga di Pilkada 2024 dari PDIP akan diumumkan kemudian alias terpisah.

"Nanti, calon untuk Pilkada DKI Jakarta diumumkan berbarengan dengan Jawa Timur dan Jawa Barat," kata  Chico Hakim.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #nama #anies #daftar #cagub #pdip #hari

KOMENTAR