Peluang Kaesang Maju Pilgub 2024 Tertutup, Jokowi Komentar Begini
Presiden Jokowi bersama putra bungsunya, Kaesang Pangarep. [Instagram Kaesang]
23:12
23 Agustus 2024

Peluang Kaesang Maju Pilgub 2024 Tertutup, Jokowi Komentar Begini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi enggan mengomentari perihal peluang putra bungsunya, Kaesang Pangarep yang tertutup untuk maju Pilkada 2024. Hal ini seiring DPR yang membatalkan revisi Undang-Undang Pilkada dan mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Diketahui dalam putusannya, MK menurunkan ambang batas pencalonan kepala daerah dengan disesuakan oleh jumlah penduduk di wilayah tersebut. MK sekaligus menegaskan batas usia pencalonan kepala daerah, yakni berusia paling rendah 30 tahun untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Diketahui Kaesang sebelumnya digadang-gadang ikut pencalonan gubernur di Jakarta atau Jawa Tengah lewat dukungan oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM). Belakangan, diketahui Kaesang sudah membuat surat keternagan belum pernah dipidana.

Berkaitan dengan pencalonan Kaesang, Jokowi meminta agar hal tersebut ditanyakan langsung kepada Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, yakni Kaesang itu sendiri.

Baca Juga: Respons Keras Amien Rais Soal Aksi Kawal Putusan MK: Jewer Rezim Zalim Dan Tolol Jokowi

"Tanyakan ke Ketua PSI ya," kata Jokowi usai hadir di Kongres ke-6 PAN, Jakarta, Jumat (23/8/2024).

Sementara itu, pada hari ini Gerindra sebagai salah satu partai di KIM memberikan dukungan untuk Ridwan Kamil-Suswono di Jakarta dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen di Jawa Tengah.

Ahmad Luthfi menegaskan pendampingnya di Jawa Tengah bukan Kaesang, melainkan Taj Yasin.

Mantan kapolda Jawa Tengah ini menegaskan tidak ada alasan terkait Taj Yasin yang terpilih, bukan Kaesang.

"Tidak ada alasan, itu kan masalah politik ya," ujar Luthfi di kantor DPP Partai Gerindra, Jakarta Selatan, Jumat (23/8/2024).

Baca Juga: Ke Mana Jokowi Sekeluarga Saat Demo Besar-besaran Tolak RUU Pilkada? Ini Daftar Kegiatannya

Termasuk menyoal adanya putusan Mahkamah Konstitusi soal aturan Pilkada 2024, diakui Luthfi tidak ada pertimbangan khusus mengapa bukan Kaesang dan justru Taj Yasin.

"Tidak ada pertimbangan," kata Luthfi.

"Itu semua komitmen partai. Artinya perjalanan politik kita ditentukan oleh partai-partai pengusung. Nggak pakai alasan," sambungnya.

Sebelumnya Luthfi memastikan dirinya tidak akan didampingi oleh putra bungsu Jokowi, yakni Kaesang untuk maju pada Pilkada Jawa Tengah 2024. Cawagub pilihan ialah Taj Yasin Maimoen.

Hal itu dipastikan Luthfi usai menerima B1KWK dari Partai Gerindra. Mantan kapolda Jawa Tengah memastikan Gerindra mendukung pencalonannya bersama Taj Yasin, bukan Kaesang.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #peluang #kaesang #maju #pilgub #2024 #tertutup #jokowi #komentar #begini

KOMENTAR