Profil Dadan Hindayana, Kepala Badan Gizi Nasional yang Urusi Program Makan Gratis
Profil Dadan Hindayana, Kepala Badan Gizi Nasional Siap Urusi Program Makan Gratis (ANTARA/Mentari Dwi Gayati)
12:23
20 Agustus 2024

Profil Dadan Hindayana, Kepala Badan Gizi Nasional yang Urusi Program Makan Gratis

Dadan Hidayana resmi dilantik menjadi Kepala Badan Gizi Nasional oleh Presiden Jokowi pada hari Senin (19/8/2024) di Istana Kepresidenan. Bagi yang ingin mengenal sosoknya, berikut ini profil dan riwayat pendidikan Dadan Hindayana.

Diketahui bahwa Badan Gizi Nasional ini merupakan lembaga pemerintah yang resmi dibentuk oleh Presiden guna menjalankan tugas untuk pemenuhan gizi nasional. Adapun salah satu program Badan Gizi Nasional yaitu Makan Siang Gratis.

Badan Gizi Nasioanl ini dipimpin Kepala Badan Gizi Nasional yakni Dadan Hidayana. Nah bagi yang ingin tahu dan penasaran dengan sosoknya, simak selengkapnya berikut ini profil dan riwayat pendidikan Dadan Hindayana yang dirangkum dari berbagai sumber.

Profil dan Riwayat Pendidikan Dadan Hindayana

Dadan Hindayana merupakan seorang akademisi. Sebelum masuk kabinet dan menjabat sebagai Kepala Badan Gizi Nasional, Dadan merupakan seorang Dosen  di IPB (Institut Pertanian Bogor). Dadan dikenal juga sebagai seorang Ahli Proteksi Tanaman.

Baca Juga: Mengenal Badan Gizi Nasional: Instansi Baru Urusi Program Makan Gratis

Untuk pendidikannya, Dadan tercatat sebagai lulusan program Proteksi Tanaman IPB tahun 1990. Kemudian Ia melanjutkan pendidikan S2 di University of Bonn di Jerman dan lulus tahun 1997. Ia juga mengambil S3 di Universitas Gottfried Wilhelm Leibniz Hannoverm Jerman.

Untuk perjalanan kariernya, Dadan  tercatat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Pertanian Kewirausahaan (STPK) Banau. Perguruan Tinggi ini digagas oleh Pemerintah Kab. Banau bersama IPB. Ini tercantum dalam  Perjanjian Kerjasama nomor 520/084/2008 dan 03/I3/KsP/2008.

Dadan juga dikenal aktif mengabdi kepada masyarakat. Pada tahun 2022, Dadan pernah mengikuti Jambore Perlindungan Tanaman Indonesia. Selain itu, di tahun yang sama juga Ia terlibat dalam Transformasi Politeknik Pembangunan Pertanian.

Masih di tahun 2022, Dadan bergabung dengan Tim Transformasi Tindak Lanjut Rancangan Peraturan Pemerintah Perguruan Tinggi Kementerian Lain (RPP PTKL), Kementan (Kementerian Pertanian) bersama Prof Dr Ir Rachmat Pambudy, Ir Sidi Asmono, dan Dr Ir Burhanuddin MM.

Dadan juga diketahui sudah melahirkan banyak karya ilmiah, beberapa di antaranya yaitu Preferensi serangan tikus sawah (Rattus argentiventer) terhadap tanaman padi (2020), Effects of intraguild predation on aphid parasitoid survival (2000), dan lainnya.

Baca Juga: Profil 3 Menteri Baru Jokowi, Dilantik Jelang Masa Jabatan Presiden Usai

Demikian ulasan  mengenai profil dan riwayat pendidikan Dadan Hindayana lengkap juga dengan perjalanan kariernya yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #profil #dadan #hindayana #kepala #badan #gizi #nasional #yang #urusi #program #makan #gratis

KOMENTAR