Berkreasi dengan Budget Terbatas, Ini 7 Hadiah Bermakna untuk Rayakan Kemerdekaan
Potret keceriaan warga saat berlomba 17 Agustus. (Twitter/@PurwakartaKita)
09:10
13 Agustus 2024

Berkreasi dengan Budget Terbatas, Ini 7 Hadiah Bermakna untuk Rayakan Kemerdekaan

Merayakan kemerdekaan Indonesia adalah momen yang istimewa. Selain menggelar berbagai lomba, memberikan hadiah kepada para pemenang juga menjadi tradisi yang menyenangkan.

Namun, terkadang kita dihadapkan pada keterbatasan anggaran. Tenang saja, ada banyak pilihan hadiah 17 Agustus yang hemat biaya namun tetap berkesan.

Sebelum memberikan hadiah tersebut perlu diingat bahwa hadiah bermakna tak perlu mahal. Cukup hadiah yang dipilih dengan hati bisa memberikan apresiasi yang tulus untuk juara.

Keterbatasan biaya kadang menjadi kendala. Namun hal itu juga yang memantik seseorang untuk berpikir kreatif dalam menemukan ide kreatif. Berikut sejumlah hadiah yang sederhana namun berkesan untuk pemenang:

Baca Juga: Rekomendasi Hadiah Lomba 17 Agustus Hemat Biaya, Dijamin Bermanfaat!

1. Kerajinan Tangan

Tak dipungkiri kerajinan tangan dari UMKM yang bergerak dalam seni ukir misalnya bisa memberikan apresiasi baik dari pengusaha UMKM termasuk pemenang dalam lomba. Misal aksesoris kayu atau anyaman tas merupakan produk sederhana yang berkesan.

Tak jarang UMKM ini justru menghadirkan barang yang unik, dibanding pabrik besar ketika memproduksi kerajinan.

2. Makanan Khas

Barangkali hadiah berupa makanan bukan hal yang awet. Kendati demikian, memberikan hadiah makanan khas, atau makanan unik yang ada di wilayah bisa menjadi kesan menarik untuk peserta yang memenangi lomba.

Baca Juga: Simpel Tapi Juara! Ini Cara Menghias Nasi Goreng dan Tumpeng Lomba 17 Agustus

3. Alat Dapur

Terkesan sederhana, hadiah alat-alat dapur tentu sangat bermanfaat untuk ibu-ibu rumah tangga. Tak ada dalam satu rumah yang tak memiliki dapur untuk tempat memasak, sehingga hadiah berupa alat dapur pasti memberikan manfaat dan kesan untuk ibu-ibu.

Hadiah bisa berupa celemek, centong, spatula, atau panci yang pasti selalu digunakan oleh ibu rumah tangga.

4. Tanaman Hias

Hadiah bermakna lainnya bisa juga dipilih berupa tanaman hias. Sebagai penghasil oksigen, tanaman ini juga bermanfaat untuk pemenang ketika meletakkannya di rumah. Apalagi masuk dalam kategori tanaman hias, tentu menambah estetika ruangan di dalam rumah.

5. Buku

Hadiah sederhana lainnya adalah buku. Hadiah ini biasanya cocok untuk anak kecil yang menang dalam perlombaan. Tentu dengan hadiah buku, semisal buku menggambar atau cerita, anak-anak lebih senang dengan buku-buku tersebut.

6. Diskon Jasa

Hadiah ini tentu berkaitan dengan jasa, baik jasa perjalanan atau penginapan, bahkan juga pengusaha yang menjual produk tertentu. Masih berkaitan dengan hadiah kreatif dari UMKM, diskon jasa ini juga bermanfaat bagi masyarakat.

Semisal, ada warga yang tergabung di komunitas jasa travel, bisa menghadiahkan jasa tersebut yang sudah didiskon.

7. Voucher Belanja

Hadiah ini termasuk hemat dan menguntungkan sebagian pengusaha. Voucher belanja tentu memberikan potongan total belanja seseorang. Meski sebatas potongan harga pengusaha juga mendapat hasil yang tak sedikit dan cukup memberikan untung.

Itu tadi sejumlah hadiah sederhana tapi bermakna untuk pemenang lomba. Memang tetap ada modal yang harus dipersiapkan, tetapi dengan memanfaatkan lingkungan dan ide kreatif, hadiah yang disiapkan tak perlu mahal.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #berkreasi #dengan #budget #terbatas #hadiah #bermakna #untuk #rayakan #kemerdekaan

KOMENTAR