Curhat di X, Prestasi Greysia Polii Disorot Netizen: Pernah Menang Medali Emas Olimpiade Loh!
Greysia Polii - Prestasi Greysia Polii (Instagram/greyspolii)
17:51
10 Agustus 2024

Curhat di X, Prestasi Greysia Polii Disorot Netizen: Pernah Menang Medali Emas Olimpiade Loh!

Mantan pebulutangkis Greysia Polii turut merasa bangga terhadap keberhasilan kontingen Indonesia yang meraih dua medali emas di Olimpiade 2024 Paris. Seperti yang diketahui, Greysia Polii telah pensiun usai 19 tahun berkarier di bulu tangkis dan banyak meraih gelar juara. Sederet prestasi Greysia Polii turut mengharumkan nama Indonesia.

Raihan mendali emas di Olimpiade 2024 Paris, sempat membuat Greysia Polli mengenang kembali kejadian di Olimpiade 2012 London. Greysia Polii yang kala itu berpasangan dengan Meiliana Jauhari mendapatkan kartu hitam. Mereka harus didiskualifikasi dari London lantaran dianggap tidak sportif.

Tak pantang menyerah, Greysia Polii akhirnya mampu membalas apa yang terjadi di London 2012 dengan meraih prestasi terbaik di Tokyo 2020. Greysia bersama Apriani Rahayu membawa pulang medali emas.

Melalui cutiatannya di X, Greysia Polii mengungkapkan rasa bangga Indonesia bisa meraih medali emas di Olimpiade 2024 Paris. Apalagi dua medali itu diraih bukan dari cabang olahraga bulutangkis.

Baca Juga: 7 Rekor Rizki Juniansyah Usai Raih Medali Emas di Ajang Olimpiade Paris 2024, Diantaranya Akhiri Paceklik 72 Tahun

Namun dalam cuitan lain Greysia Polli menanggapi kritikan masyarakat yang menyebut pejabat di Indonesia kurang memerhatikan atlet. Kritikan masyarakat itu justru dibantah oleh Greysia Polii yang merasa puas dengan kinerja Erick Thohir dan para pejabat dalam bidang olahraga di Indonesia.

Cuitan atlet badminton yang kini sudah gantung raket tersebut, justru dicap sebagai bentuk ketidakpekaan ia atas situasi dunia olahraga saat ini. Meski demikian, kini cuitan tersebut sudah dihapus olehnya.

Prestasi Greysia Polii

Greysia Polii lahir di Jakarta, 11 Agustus 1987. Ia menjalani debut sebagai atlet bulu tangkis untuk timnas ketika masih berusia 16 tahun, tepatnya pada tahun 2003.

Selama berkiprah di olahraga bulu tangkis, Greysia tercatat berhasil mereguk enam gelar World Tour, tiga gelar BWF Superseries, serta lima gelar BWF Grand Prix. Prestasinya itu belum termasuk medali emas yang berhasil diraihnya di SEA Games Filipina 2019, Asian Games Incheon 2014, dan juga Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga: Beda Hadiah Trio Medalis Indonesia di Olimpiade Paris: Veddriq Leonardo vs Gregoria Mariska Tunjung vs Rizki Juniansyah

Selama menjalani karier di ganda putri, Greysia menorehkan rekok 448 menang dan 229 kalah. Sementara di ganda campuran catatannya yaitu 58 menang dan 37 kalah. Ranking tertinggi yang diraihnya yaitu nomor dua ketika berpasangan dengan Nitya Krishinda Maheswari. Adapun ketika berpasangan dengan Apriyani, wanita berusia 37 tahun itu mencatat ranking tertinggi nomor tiga.

Cuitan Greysia Polii yang dihapus. (dok. X/Tangkapan Layar)Cuitan Greysia Polii yang dihapus. (dok. X/Tangkapan Layar)

Berikut ini adalah deretan gelar dan prestasi Greysia Polii saat jadi atlet bulu tangkis:

  • Medali emas Olimpiade Tokyo 2020 (bersama dengab Apriyani Rahayu)
  • Medali emas Asia Games Incheon 2014 (bersama dengan Nitya Krishinda Maheswari)
  • Medali emas SEA Games Manila 2019 (bersama dengan Apriyani Rahayu)
  • India Open 2018 (bersama dengan Apriyani Rahayu)
  • Thailand Open 2018 (bersama dengan Apriyani Rahayu)
  • India Open 2019 (bersama dengan Apriyani Rahayu)
  • Indonesia Masters 2020 (bersama dengan Apriyani Rahayu)
  • Spain Masters 2020 (bersama dengan Apriyani Rahayu)
  • Thailand Open 2020 (bersama dengan Apriyani Rahayu)
  • Korea Open 2015 (bersama dengan Nitya Krishinda Maheswari)
  • Singapore Open 2016 (bersama dengan Nitya Krishinda Maheswari)
  • French Open 2017 (bersama dengan Apriyani Rahayu)
  • Phillipines Open 2005 (bersama dengan Jo Novita)
  • Thailand Open 2013 (bersama dengan Nitya Krishinda Maheswari)
  • Chinese Taipei Open 2014 (bersama dengan Nitya Krishinda Maheswari)
  • Chinese Taipei Open 2015 (bersama dengan Nitya Krishinda Maheswari)

Itu tadi prestasi Greysia Polii yang mengharumkan nama Indonesia. Mengaku terharu Indonesia memperoleh 2 emas di Olimpiade 2024 Paris, di cuitan lain sosoknya justru dihujat karena dinilai tidak peka dengan kondisi atlet di Indonesia.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #curhat #prestasi #greysia #polii #disorot #netizen #pernah #menang #medali #emas #olimpiade

KOMENTAR