Mengenal Sobat Healing, Komunitas yang Jadi Ruang Aman dengan Beragam Kegiatan Seru
Mengenal Sobat Healing, Komunitas yang Jadi Ruang Aman dengan Beragam Kegiatan Seru. (Dok.Pribadi)
08:51
8 Agustus 2024

Mengenal Sobat Healing, Komunitas yang Jadi Ruang Aman dengan Beragam Kegiatan Seru

Dalam beberapa waktu belakangan, istilah "healing" semakin populer di kalangan masyarakat, terutama anak muda. Healing sering kali diidentikkan dengan aktivitas liburan dan bersenang-senang sebagai bentuk hiburan dan pemulihan diri. Salah satu komunitas yang lahir dari semangat ini adalah Sobat Healing.

Kisah ini dimulai dari Bintang PD, yang kini dikenal sebagai pendiri Sobat Healing. Setelah mengalami patah hati, Bintang memutuskan mencari pelarian dengan mendaki gunung. Pada saat itulah ia pertama kali bertemu dengan Hana Lesmana, yang kemudian ikut mendirikan komunitas ini.

“Kami sebenarnya sama-sama belum pernah bertemu di dunia nyata. Kami teman TikTok yang sama-sama patah hati. Aku milih untuk naik ke gunung, dan Hana pengen ikut. Karena enggak ingin awkward, jadi kami mengajak lebih banyak orang melalui media sosial,” kenang Bintang.

Mengenal Sobat Healing, Komunitas yang Jadi Ruang Aman dengan Beragam Kegiatan Seru. (Dok.Pribadi)Mengenal Sobat Healing, Komunitas yang Jadi Ruang Aman dengan Beragam Kegiatan Seru. (Dok.Pribadi)

Pertemuan pertama mereka di sebuah curug di Sentul bersama 20 orang lainnya. Meskipun jumlahnya tidak banyak, kebersamaan ini memberikan makna mendalam.

Baca Juga: Lawan Bullying, Komunitas RETAS Usung Program Aksi Merangkul Harmoni Sekolah

“Kami belum memiliki nama saat itu. Pertemuan tersebut membuka mata kami akan kebutuhan sebuah komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama,” tambah Bintang.

Sobat Healing terus berkembang pesat, menjadi safe place atau tempat aman bagi banyak orang yang mencari pelarian sejenak dari rutinitas. Dengan latar belakang yang serupa, anggota komunitas ini menemukan kebahagiaan dan persahabatan mereka di Sobat Healing. 

“Awalnya kami tidak memikirkan nama. Saat itu aku pernah ikut kegiatan Sobat Sunday, sebuah trail running di gunung-gunung di Jawa Barat. Dari sana, kami mulai berpikir untuk membentuk komunitas ini,” ujar Bintang.

Komunitas ini menawarkan beragam aktivitas menarik, mulai dari mendaki gunung, rafting, camping, hingga aktivitas indoor seperti mengunjungi KidZania dan theme park.

Mengenal Sobat Healing, Komunitas yang Jadi Ruang Aman dengan Beragam Kegiatan Seru. (Dok.Pribadi)Mengenal Sobat Healing, Komunitas yang Jadi Ruang Aman dengan Beragam Kegiatan Seru. (Dok.Pribadi)

Mereka juga mengadakan kegiatan sosial, seperti berkolaborasi dengan TransJakarta untuk mengadakan buka puasa bersama anak-anak marjinal di Bundaran HI.

Baca Juga: Telkom Gelar Digiland Run 2024; Ada Diskon hingga 50%!

“Konsep kami sederhana, selalu memberikan nuansa berbeda dan itu alhamdulillah sukses,” kata Bintang.

Saat ini, Sobat Healing memiliki sekitar 30 ribu pengikut di media sosial, dengan 12 ribu anggota aktif yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan Jogja.

“Kami ingin lebih fokus pada kegiatan offline. Kami memiliki 12 grup WhatsApp dengan lebih dari seribu anggota, tetapi kami merekomendasikan komunikasi secara langsung,” jelas Bintang.

Keanggotaan Sobat Healing sangat terbuka dan fleksibel. Siapa pun bisa bergabung dalam kegiatan mereka tanpa perlu mendaftar sebagai anggota resmi. Tiket untuk kegiatan mereka bisa berupa tiket berbayar atau gratis, tergantung pada acara yang diadakan.

“Harapan kami adalah dapat mengajak teman-teman bermain bersama di seluruh Indonesia, bahkan dunia. Kami ingin Sobat Healing bukan hanya menjadi komunitas lokal, tetapi juga komunitas global,” tutup Bintang dengan penuh semangat.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #mengenal #sobat #healing #komunitas #yang #jadi #ruang #aman #dengan #beragam #kegiatan #seru

KOMENTAR