Cara Pasang Peluit Pramuka di Sebelah Mana?
cara pasang peluit pramuka di sebelah mana (freepik)
10:30
7 Agustus 2024

Cara Pasang Peluit Pramuka di Sebelah Mana?

Apakah kamu sudah siap merayakan Hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2024? Momen ini memang spesial banget untuk kita semua yang pernah atau masih aktif di Gerakan Pramuka. Salah satu atribut yang sering kali bikin kita bingung adalah peluit. Nah, biar makin paham, yuk kita bahas cara pasang peluit Pramuka dan letaknya di sebelah mana!

Seperti yang kita tahu, seragam Pramuka itu punya ketentuan khusus dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Seragam ini nggak hanya sebatas baju cokelat yang kita pakai, tapi juga dilengkapi berbagai atribut seperti:

- Topi atau baret
- Setangan leher dan cincinnya
- Badge nama, Kwarda, dan Ambalan (jika ada)
- Peluit

Peluit ini sebenarnya bukan atribut wajib, tapi keberadaannya bisa menambah kepercayaan diri dan mempermudah kita menyampaikan aba-aba atau mengirim sandi morse.

Baca Juga: Kumpulan Yel-Yel Pramuka Singkat, Unik, dan Mudah Dihafal! Bikin Regu Auto Semangat!

Cara Pasang Peluit Pramuka

Memasang peluit ini nggak hanya berlaku buat seragam harian saja, tapi juga buat seragam kegiatan/lapangan dan seragam khusus jika diperlukan. Berikut cara pasang peluit Pramuka:

1. Siapkan peluit dan tali kur berdasarkan warna golongan:
- Siaga: peluit hijau
- Penggalang: peluit merah
- Penegak: peluit kuning

2. Pasang peluit di tali kur terlebih dahulu.

3. Kaitkan kedua ujung tali kur.

4. Pasang tali kur di bagian pundak baju Pramuka dan kancingkan. Agar lebih rapi, kamu bisa memasukkan peluit ke dalam saku baju.

Baca Juga: Hari Pramuka, Ini Makna Mendalam dan Teks Dasa Dharma Lengkap

Letak Peluit Pramuka di Sebelah Mana?

Masih bingung di mana letak peluit pada seragam Pramuka? Secara umum, letak peluit di seragam Pramuka berada di pundak sebelah kiri. Tapi ada pengecualian buat anggota yang punya jabatan khusus:

- Pradana atau Juru Adat Dewan Ambalan, Pemimpin Regu (Pinru)
- Letak peluit berada di pundak sebelah kanan sebagai penanda.

Dengan memahami cara pasang peluit Pramuka dan letak peluit di seragam Pramuka, kamu bisa tampil lebih percaya diri saat merayakan Hari Pramuka tanggal 14 Agustus 2024 nanti. Jangan lupa, Hari Pramuka bukan cuma soal seragam dan atribut, tapi juga semangat kebersamaan dan rasa cinta pada tanah air.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #cara #pasang #peluit #pramuka #sebelah #mana

KOMENTAR