Kopi Putih: Lebih dari Sekadar Warna
Biji Kopi. [Suara.com/Risna Halidi]
13:37
5 Agustus 2024

Kopi Putih: Lebih dari Sekadar Warna

Kopi putih adalah biji kopi yang dipanggang dengan tingkat pemanggangan yang lebih ringan dibandingkan kopi biasa, menghasilkan biji dengan warna lebih terang.

Samuel Klein, seorang pakar pemanggang kopi, menjelaskan bahwa biji kopi ini disangrai hingga suhu sekitar 320 derajat Fahrenheit (160 derajat Celsius), lebih rendah dari suhu pemanggangan ringan pada umumnya.

"Proses ini mirip dengan tradisi di Jazirah Arab, yang sering mencampur kopi dengan rempah-rempah," katanya melansir Antara, Senin (5/8/2024).

Suhu pemanggangan yang lebih rendah ini menghasilkan profil rasa yang unik, dengan rasa yang lebih bersahaja, seperti jerami atau kacang, dan body yang sangat ringan.

Selain itu, suhu yang lebih rendah mempertahankan senyawa rasa yang lebih halus yang biasanya hilang dalam proses pemanggangan biasa.

Ada klaim bahwa kopi putih mengandung lebih banyak kafein dibandingkan kopi biasa, karena suhu pemanggangan yang lebih rendah menyebabkan lebih sedikit kafein yang terbakar.

Namun, Klein menjelaskan bahwa kandungan kafein bisa bervariasi tergantung pada pengukuran, berdasarkan volume.

"Kopi putih mungkin memiliki lebih banyak kafein, tetapi berdasarkan berat, mungkin lebih sedikit dibandingkan dengan kopi yang dipanggang dengan tingkat pemanggangan konvensional," ujarnya.

Sehingga, kopi putih memiliki manfaat bagi kesehatan, utamanya adalah kadar antioksidannya yang lebih tinggi-yakni, nutrisi yang ditemukan dalam makanan nabati yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan radikal bebas berbahaya dalam tubuh, menurut Mayo Clinic .

"Kopi putih mengandung lebih banyak asam klorogenat, polifenol penting dengan sifat antioksidan," ucapnya.

Kopi putih tidak sepenuhnya rendah asam. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sangrai yang lebih gelap lebih mudah di lambung daripada sangrai sedang atau lebih terang.

Misalnya, sebuah studi Februari 2014 di Molecular Nutrition and Food Research 2 menyimpulkan bahwa sangrai yang lebih gelap menyebabkan sekresi asam lambung lebih sedikit daripada sangrai sedang.

Artinya kopi putih tidak terlalu pahit atau tidak terlalu asam, tidak sepenuhnya benar. Beberapa jenis kopi memiliki kandungan asam yang tinggi, yang dapat mengganggu lambung dan berpotensi memicu nyeri ulu hati. Hal ini dapat menjadi masalah jika Anda seorang pencinta kopi dengan masalah kesehatan usus tertentu.

Untuk penyajian, banyak penggemar kopi putih menikmatinya dalam bentuk espresso, kata Klein. Dan jika Anda lebih suka metode tuang, perlu diingat bahwa kopi putih akan terlihat sedikit bening dan mungkin tidak memiliki "isi" seperti seduhan biasa.

Melakukan tuang kedua dapat menjadi cara yang bagus untuk membuat kopi Anda lebih kuat , lebih kaya, dan lebih memuaskan, atau enambahkan satu sendok kopi panggang yang lebih gelap dapat membantu menciptakan campuran yang unik. Jika Anda memilih cara ini, pastikan untuk memilih varietas yang melengkapi rasa kacang kopi putih.

Editor: Suhardiman

Tag:  #kopi #putih #lebih #dari #sekadar #warna

KOMENTAR