Nino Kuya Kuliah di Kampus Top Amerika Serikat, Berapa Sih Biayanya?
Uya Kuya bersama Astrid Kuya, Cinta Kuya dan Nino Kuya. [Instagram]
04:03
4 Agustus 2024

Nino Kuya Kuliah di Kampus Top Amerika Serikat, Berapa Sih Biayanya?

Cerita Nino Kuya yang melakoni kerja sampingan di Amerika Serikat sebagai sopir mencuri perhatian publik. Hal itu ia ungkapkan ketika Nino dan ayahnya, Uya Kuya diundang oleh salah satu televisi swasta sebagai bintang tamu di sebuah acara bincang-bincang.

Menurut Nino, pengguna jasanya kebanyakan adalah warga Indonesia yang tengah berlibur ke Amerika. Dan tak jarang mereka adalah teman ayahnya.

"Sopirin teman-teman papa," kata Nino Kuya dalam acara itu pada Jumat (2/8/2024).

Dan dari kerja sampingan itu, Nino bisa mengantongi uang sekitar USD150 hingga USD200, atau sekitar Rp2 juta hingga Rp3 juta.

Baca Juga: Alvin Lim Semprot Deddy Corbuzier: Subscriber Besar, tapi Melempem Tiap Ada Isu Korupsi

Angka itu bisa melejit jika ia disewa dengan waktu yang lebih panjang, atau seharian. Nominal uang yang diterima Nino bisa mencapai USD700-USD750 atau sekitar Rp11 juta sampai Rp12 juta.

Tak hanya itu, untuk menambah uang saku selama di Amerika, Nino juga berjualan pisang goreng di komunitas warga Indonesia.

Hasilnya tak main-main. Dari berjualan pisang goreng saja, Nino mengaku bisa meraup cuan hingga Rp17 juta.

"Pisang goreng gitu, semua satu keluarga goreng. Itu jualannya di mobil, gorengnya di rumah. Ya kayak dikumpulin di parkiran,” ungkapnya.

Angka tersebut cukup fantastis untuk ukuran sebuah kerja sampingan anak kuliahan di Amerika Serikat.

Baca Juga: Betrand Peto Resmi Diterima Kuliah di Kampus Top, Berapa Biaya SPP per Semesternya?

Bicara soal pendidikan, kini Nino Kuya tengah berkuliah di salah satu universitas bergengsi Amerika Serikat, yakni Pasadena City College, Los Angeles, California.

Nino Kuya Kuliah di Amerika Serikat. (Instagram Uya Kuya)Nino Kuya Kuliah di Amerika Serikat. (Instagram Uya Kuya)

Ia memilih kampus itu dan menyusul sang kakak, Cinta Kuya, yang sudah lebih dahulu berkuliah disana.

Uniknya, Nino berhasil lolos ke Pasadena City College tahun lalu, setelah mendaftar secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang tuanya

Lantas berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa berkuliah di sana? Apakah cukup tinggi sehingga Nino harus mencari uang tambahan?

Nino Kuya mulai berkuliah di Pasadena City College pada 2023 lalu. Melansir laman resmi universitas itu, www.pasadena.edu, pada 2023 lalu, biaya pendidikan yang harus disiapkan mencapai UDS37.305 atau sekitar Rp559 juta.

Angka sebesar itu sudah termasuk biaya kuliah setara SPP sebesar USD11.860 atau sekitar Rp177 juta.

Lalu biaya hidup sebesar USD23.859 atau setara dengan Rp357 juta dan asuransi kesehatan peserta didik sebesar USD1.589 atau Rp23 juta.

Biaya pendidikan itu bisa berubah dalam sewaktu-waktu. Terbukti, masih dalam laman yang sama, total biaya yang diperlukan untuk bisa berkuliah di Pasadena College City Angkatan 2024  adalah USD34.510 atau Rp517 juta.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #nino #kuya #kuliah #kampus #amerika #serikat #berapa #biayanya

KOMENTAR