Sosok Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo, dari Kapolres Solo Kini Jabat Kapolda Jateng
Kapolresta Solo, Kombespol Ribut Hari Wibowo. (Suara.com/Ari Purnomo)
12:16
30 Juli 2024

Sosok Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo, dari Kapolres Solo Kini Jabat Kapolda Jateng

Profil Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo belakangan menjadi perhatian. Ia adalah sosok yang cukup dikenal di lingkungan kepolisian Jawa Tengah (Jateng). 

Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo berasal dari Magetan, Jawa Timur (Jatim), dan telah mengisi berbagai posisi penting, termasuk sebagai Kapolres di sejumlah wilayah Jateng seperti Kota Solo.

Ribut Hari Wibowo adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1996, lahir di Magetan pada 30 Juli 1974. Ia memiliki keahlian khusus di bidang reserse.

Sebelum diangkat sebagai Kapolda Jateng, Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo menjabat sebagai Karobinkar SSDM Polri sejak 2021.

Baca Juga: Kapolri Mutasi 6 Kapolda, Salah Satunya Irjen Ahmad Luthfi

Pengalaman Ribut Hari Wibowo di Jateng cukup luas. Pada tahun 2014, ia menjabat sebagai Kapolres Salatiga. Setahun kemudian, ia dipindah ke Tegal sebagai Kapolres Tegal. Pada tahun 2016, ia dimutasi ke posisi Kabagbinkar Ro SDM Polda Jatim.

Pada tahun 2017, Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo diangkat sebagai Kapolresta Solo, posisi yang dipegangnya hingga tahun 2019. Setelah itu, ia ditugaskan sebagai Dirreskrimum Polda Kalteng dan kemudian dimutasi ke posisi Analisis Kebijakan Madya Bidang Akpol Lemdiklat Polri.

Pada tahun 2020, ia bertugas sebagai Kabagmutjab Robinkar SSDM Polri hingga tahun 2021.

Menurut laporan keuangan per 22 Februari 2019, total kekayaan Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo mencapai Rp 7.269.609.821. Rinciannya meliputi tanah dan bangunan senilai Rp 1.634.649.504 dan alat transportasi serta mesin sebesar Rp 311.000.000.

Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo dipercaya menggantikan eks Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi yang dimutasi menjadi Perwira Tinggi (Pati) Itwasum Polri untuk penugasan ke Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Baca Juga: Alasan Projo Dukung Ahmad Luthfi Maju Pilgub Jateng, Gusti Bhre di Pilwalkot Solo

Editor: M Nurhadi

Tag:  #sosok #brigjen #ribut #hari #wibowo #dari #kapolres #solo #kini #jabat #kapolda #jateng

KOMENTAR