Agama Dali Wassink Bikin Bingung Publik, Mualaf Tapi Jenazahnya Dikremasi?
Dali Wassink (instagram/dali.wassink)
09:27
22 Juli 2024

Agama Dali Wassink Bikin Bingung Publik, Mualaf Tapi Jenazahnya Dikremasi?

Kematian Dali Wassink suami Jennifer Coppen mengejutkan penggemar mereka dan masyarakat pada umumnya. Pemakaman Dali Wassink juga menjadi perhatian karena ia dikremasi. Agama Dali Wassink pun jadi bahan diskusi publik.

Seperti telah diketahui, Dali Wassink, suami Jennifer Coppen mengalami kecelakaan motor tunggal di Jalan Sunset Road, Seminyak, Denpasar. Dali mengalami luka parah di dada dan rahang, hingga dinyatakan meninggal dunia pada Kamis, 18 Juli 2024 pukul 02.20 WITA.

Jenazah Dali Wassink disemayamkan pada Jumat 19 Juli 2024 sebelum dikremasi. Abu kremasi jenzah Dali Wassink kemudian dilarung di laut pada hari Minggu, 21 Juli 2024. Upacara paddle out akan segera digelar sebagai upaya penghormatan untuk peselancar yang berpulang.

Agama Dali Wassink

Baca Juga: Jennifer Coppen Jelaskan Alasan Jenazah Suami Dikremasi, Respons Publik Terbelah

Jennifer Coppen dan Dali Wassink akhirnya resmi menikah. [Instagram]Jennifer Coppen dan Dali Wassink akhirnya resmi menikah. [Instagram]

Unggahan Jennifer Coppen yang bersaksi atas agama Dali Wassink menjadi perhatian netizen. Tak sedikit yang meminta konfirmasi agama Dali Wassink. Apakah ia sudah masuk Islam?

Dali Wassink merupakan pria keturunan Belanda dan Thailand. Ia tidak memiliki darah Indonesia. Agama Dali Wassink terungkap saat momen pernikahan yang diunggah oleh Jennifer Coppen di sosmednya pada 10 Oktober 2023.

Pria blasteran itu melaksanakan prosesi ijab kabul dalam Islam. Jennifer Coppen mengkonfirmasi bahwa Dali Wassink sudah berpindah keyakinan dengan memeluk Islam sebelum mereka menikah.

Menurut Jennifer Coppen, Dali Wassink memeluk agama Islam satu bulan sebelum akad nikah. Pengucapan syahadat sebagai tanda Dali Wassink memeluk Islam berlangsung pada September 2023.

Postingan Jennifer Coppen soal kebiasaan Dali Wassink yang mualaf. [Instagram]Postingan Jennifer Coppen soal kebiasaan Dali Wassink yang mualaf. [Instagram]

Oleh karenanya, publik juga mengira Dali Wassink akan dimakamkan secara Islam sesuai tradisi Islam, tetapi tidak. 

Baca Juga: Suami Mualaf, Jennifer Coppen Ungkap Kebiasaan Dali Wassink: Sebelum Makan Baca Doa...

Yitta Dali Wassink dikremasi usai meningggal dunia pada Kamis (17/7/2024). Istri mendiang, Jennifer Coppen menjelaskan alasan sang suami dikremasi.

Usai prosesi pelarungan abu jenazah suaminya di Pantai Lembeng pada Minggu (21/7/2024), Jennifer Coppen menuturkan jika kremasi dilakukan atas permintaan mendiang sang suami.

"Banyak yang tanya kenapa Papa Dali dikremasi. Aku mau minta kalian hargai saja keputusan keluarga. Itu memang permintaan Papa Dali. Jadi mohon hargai keputusan Papa Dali," ujar Jennifer.

"Karena belum belajar banyak. Jadi Papa Dali belum terlalu mengerti tentang agama Islam," imbuhnya.

Jennifer Coppen juga menyebut bahwa ia menggelar tahlilan sesuai adat Islam selepas pemakaman untuk mendoakan Dali.

Kronologi Kecelakaan Dali Wassink

Dali Wassink mengalami kecelakaan di Bali, tepatnya di Jalan Sunset Road, Seminyak, Kabupaten Badung, Bali, pada Kamis, 18 Juli 2024. Kronologi kecelakaan Dali Wassink bermula dari ketika ia melaju dari arah utara menuju selatan.

Dali mengendarai sepeda motor Kawasaki dengan kecepatan tinggi. Ketika akan berbelok, Dali tidak dapat mengendalikan kendaraannya (karena kecepatannya) sehingga oleng ke kanan dan menabrak pembatas jalan.

Dalisegera dilarikan ke Rumah Sakit BIMC, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Ia mengalami luka di dada, punggung, patah tulang rahang, selangka kiri, siku, dan rusuk.

Suami selebgram dan artis sinetron Jennifer Coppen itu memiliki seorang putri. Dali meninggal dalam usia 22 tahun. Demikian itu agama Dali Wassink.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #agama #dali #wassink #bikin #bingung #publik #mualaf #tapi #jenazahnya #dikremasi

KOMENTAR